Perbuatan yang Paling Disukai Allah Setelah Shalat Tepat Waktu ialah Berbakti Kepada Allah

Islam bukan hanya memerintahkan pemeluknyaa untuk berbakti kepada orang tua, lebih dari itu, Islam menjadikannya sebagai perbuatan yang paling disukai oleh Allah SWT. setelah syahadat dan shalat yang merupakan pilar agama terpenting. Abdullah bin Mas’ud bertanya kepada Rasulullan SAW, “Perbuatan apa yang paling disukai oleh Rasulullah?”


Jangan Lewatkan : Diperiksa Sebagai Tersangka, Inilah Doa Dari Ibundanya yang Bikin Siapa Saja Terharu Mendengarnya

“Shalat tepat waktu,” jawab beliau

“Lalu apa lagi?”

“Berbakti kepada orang tua.” (HR. Bukhari).

Setelah mementingkah bakti kepada orangtua dan menyandingkannya dengan ibadah kepada Tuhan, Islam juga melarang durhaka kepada orangtua, menjadikannya sebagai dosa yang paing besar, dan menjadikannya sebagai syirik kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda, “Mukah kalian aku beritahu dosa yang paling besar? Menyekutukan Allah dan mendurhakai orang tua.” (HR. Bukhari).

Firman Allah dalam Al-Quran:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan ssungguh-sungguh. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali kamu jangan berkata ‘ah’ kepada keduanya, dan kamu jangan membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkan dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka telah mendidik saya waktu kecil.’ ” (QS. AL-Israa ayat 23-24). islampos.com
Top