Pentingnya Tau Manfaat Latihan Trampolin Untuk Tingkatkan Kesehatan. Baca Disini



Selama ini masyarakat perkotaan, selalu kesulitan, bahkan malas untuk melakukan aktivitas berolahraga. Padatnya waktu dan semakin minimnya lahan untuk aktivitas olahraga, menjadi penyebab utama kurangnya aktivitas fisik.

BACA JUGA : Kurangi Jejak Karbon, Desainer Inspiratif Ini Ciptakan "Bikini" Dari Botol dan Jaring Bekas

Tapi, tampolin bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat bagi masyarakat perkotaan. Karena, selain bermanfaat, trampolin juga olahraga yang menyenangkan.

Latihan trampolin menurut Dr. Grace Tumbelaka SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga selain memenuhi unsur kardio/aerobik juga dapat untuk latihan kekuatan, keseimbangan dan kelenturan. Namun yang utama adalah olahraga ini memenuhi unsur  sehingga sangat baik untuk dilakukan bersama seluruh anggota keluarga.

“Olahraga trampolin dengan gerakan rebounding (melambung) sederhana sudah memberikan efek kardio yang low impact, artinya memberikan stres yang kecil terhadap persendian lutut sehingga mengurangi risiko cedera," kata Grace dalam acara diskusi media yang mengangkat tema 'Manfaat Olahraga Trampolin', yang diselenggarakan Jumped Trampoline Fit Club, di Scientia Square Park Serpong.

Secara umum, menurut Grace manfaat olahraga trampolin yang sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah adalah, memperbaiki sirkulasi, baik sirkulasi pembuluh darah maupun jaringan limfatik sehingga dapat berdampak pada peningkatan sistem imun tubuh, menurunkan inflamasi dan detoksifikasi.

"Detoksifikasi adalah sistem pengeluaran racun dari tubuh. Organ yang berperan adalah hati, ginjal, kulit, dan kandung empedu. Dalam proses perjalanan proses detoksifikasi ini dibutuhkan sirkulasi pembuluh darah maupun sistem limfatik yang baik," tambah dia.

Di samping itu, 10 menit olahraga trampolin setara dengan 30 menit berlari.Trampolin juga bisa berfungsi sebagai anti aging, menurunkan depresi dan meningkatkan fungsi kognitif, dan bahkan digunakan sebagai rehabilitasi cedera.

“Jika dilakukan dalam satu program latihan yang baik, maka manfaat yang dihasilkan lebih besar lagi. Riset yang sudah dipublikasikan di beberapa jurnal kesehatan dan kedokteran bahkan menunjukkan trampolin sangat baik untuk penderita penyakit tertentu. Misalnya untuk meningkatkan keseimbangan pada orangtua, stabilitas pada anak disable, dan sebagainya,” kata dr. Grace.
Top