Ketahui Tujuh Fakta Seputar Kesehatan Organ Intim Wanita


Banyak wanita yang mengabaikan kesehatan organ intim mereka dan tidak berkunjung ke ginekolog ketika mereka memiliki masalah. Mereka menganggap itu bukan masalah besar atau mungkin merasa malu.

Tapi, Anda harus tahu bahwa sangatlah penting menjaga kesehatan vagina karena jika tidak, akan terjadi infeksi, infertilitas, bahkan pertumbuhan sel kanker.

BACA JUGA : Perlu Dihindari, Ahli Nutrisi Pun Tidak Makan Makanan Berikut Ini

Berikut ini kondisi kesehatan organ intim yang harus Anda ketahui untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti dikutip dari Viva.

  • Pertama, Anda harus tahu bahwa organ intim wanita terdiri dari berbagai bagian seperti, vulva, labia, leher rahim, dan sebagainya. Anda harus mengenalinya agar tahu jika ada sesuatu yang mempengaruhi bagian organ intim Anda.
  • Penting juga untuk memahami tentang cairan yang keluar dari organ intim Anda. Cairan ringan dalam jumlah tertentu masih dianggap normal. Namun, jika cairan yang keluar banyak, berbau atau tampak seperti keju, itu bisa menjadi tanda infeksi jamur atau infeksi yang tertular lewat hubungan seksual.
  • Jika Anda ingin menjaga kesehatan organ intim, sangat penting untuk menjaga higienitasnya. Pastikan Anda selalu membersihkan organ intim dengan air bersih dan selalu gunakan celana dalam yang bersih.
  • Jika Anda ingin menghindari infeksi saluran kemih, pastikan Anda tidak menahan buang air kecil dan bersihkan organ intim dengan seksama.
  • Jangan gunakan produk pembersih sintetis untuk membersihkan organ intim Anda. Produk ini dapat merusak keseimbangan pH alami di organ intim Anda dan dapat menyebabkan kering serta gatal.
  • Saat Anda menggunakan pembalut ketika haid, pastikan Anda mencuci tangan sebelum memakai produk ini karena bakteri yang ada di tangan bisa mengenai organ intim Anda.
  • Organ intim wanita akan mengalami perubahan bentuk dan warna seiring pertambahan usia, seperti bagian tubuh lainnya, dan ini adalah hal yang normal.
loading...
Top