Kematian Bisa Datang Kapan Saja, Sudah Siapkah Diri Anda?

Dunia yang kita tinggali saat ini tidak abadi dan sewaktu-waktu bisa hancur jika Allah sudah menghendakinya. Dunia akan kembali seperti semula, dimana tidak ada satupun makhluk hidup didalamnya .



Kematian seseorang datang sewaktu-waktu, bahkan saat dimana kita tidak menduganya. Tapi tak sedikit manusia yang menyepelekannya. Mereka merasa dunia ini masih cukup lama untuk membuat mereka bahagia dan menjalani hidup dengan berfoya-foya.

Lalu bagaimana jika kematian menimpa kita saat ini, maupun besok? Amalan apa yang kita bawa? Yakinkah jika kita  bisa melewati siksa kubur dan siksa neraka?

Al Faqih berkata, “Barangsiapa yang merasa yakin dan mengetahui bahwa kematian pasti akan datang kepadanya, maka harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dengan senantiasa mengerjakan amal-amal perbuatan yang baik dan menjauhi amal-amal perbuatan yang buruk, karena seseorang tidak tahu kapan kematian itu akan datang.”

Nabi SAW menjelaskan penderitaan dan susahnya saat kematian sebagai nasihat kepada umatnya agar mempersiapkan diri untuk mati dan sabar dengan penderitaan dunia, karena sabar atas penderitaan dunia itu lebih ringan daripada mati, karena penderitaan mati itu termasuk siksa akhirat, dan siksaan akhirat itu jauh lebih berat daripada siksaan dunia.

Jadi, sebagai orang yang mengaku beriman kepada Allah, tentu tidak menginginkan kan merasakan pedihnya siksa akhirat? Tapi, hal itu akan kita rasakan, bahkan Rasulullah pun merasakan sakitnya saat kematian. Lalu, apakah kita mau diam saja setelah mengetahui hal tersebut? Tentu tidak bukan.

Nah, selalu ingat kematian dimanapun dan kapanpun. Namun jangan dijadikan sebagai beban, melainkan pelajaran hidup selamanya. Sebelum ajal menjemput, marilah siapkan sebaik-baiknya, perbanyak amal ibadah kita kepada Yang Maha Kuasa sebagai bekal di akhirat nanti.
loading...
Top