Inilah Kunci Kebahagiaan Hidup, Pelajari Caranya Menurut Ali Bin Abi Thalib


Bahagia adalah harapan yang pasti ada dalam setiap hati manusia. Setiap manusia yang hidup pasti menginginkan hal tersebut karena memang untuk itulah mereka berusaha. Mengejar impian dan bekerja keras untuk sukses adalah salah satu bentuk kebahagiaan yang diminta oleh setiap pribadi. Tak sedikit yang menganggap bahwa bahagia identik dengan uang dan kekayaan. Paham yang menganggap bahwa uang adalah sumber dari kebahagiaan mengharuskan setiap orang untuk bersikap mewah dan menabung kekayaan. Padahal, ada beberapa hal sederhana yang bisa mendatangkan bahagia tanpa harus bermewah-mewahan. Lantas apa saja hal tersebut? Berikut kami merangkumnya untuk pedoman kebahagiaan hidup dari sahabat Rasulullah yakni Ali Bin Abi Thalib.

1. Jangan membenci siapapun, meskipun kepada yang menentang kita


Salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup adalah dengan berlapang dada, jauhilah prasangka yang pada akhirnya akan mengantarkanmu pada kebencian. Jika kebencian bercokol di hatimu, maka rasa itu akan menutupi kebahagiaan yang sebenarnya bisa kamu rasakan dari nikmat lain yang kamu dapat. Oleh karena itu, jauhi kebencian, sekalipun kepada orang yang tidak memenuhi hakmu.

2. Jangan larut dalam kesedihan, meski masalah memuncak


Wajar sekali jika seseorang merasa sedih karena sedang dirundung masalah, apalagi kalau masalahnya sedang berada dipuncaknya. Namun apa jadinya kalau kita larut dalam kesedihan? Kita justru akan merasa semakin terpuruk dan masalah tak kunjung terselesaikan.

3. Hidup dalam kesederhanaan, meskipun serba ada


Seperti Ali bin Abi Thalib yang selalu sederhana dalam hidupnya, maka kita pun perlu mencontohnya. Selalulah hidup dalam kesederhanaan, walaupun kita memiliki uang lebih untuk membeli sesuatu yang lebih mewah dari apa yang kita punya sekarang.

Dengan selalu menjaga kesederhanaan, maka kita akan terhindar dari gaya hidup yang akan membuat kita merasa tidak pernah cukup. Punya penghasilan kecil nggak cukup, punya penghasilan besar pun nggak cukup. Nah, jika selalu tidak cukup, kapan bahagianya? Jadi, sederhanalah dalam hidup.

4. Tetap berbuat baik, meskipun dilanda musibah


Apapun musibah yang sedang kamu alami saat ini, maka tidak boleh menjadi halangan bagi kamu untuk berbuat baik. Kenapa harus terus berbuat baik? Karena ketika kita melakukan kebaikan, maka Allah akan memberikan balasan atas kebaikan yang telah kita lakukan, salah satunya dengan merasakan kebahagiaan yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

5. Jangan berhenti berdoa untuk muslim lain


Kunci kebahagiaan hidup yang terakhir ini bermuara pada kekuatan doa. Jika kamu merasa tidak bahagia dengan ulah orang-orang di sekelilingmu, maka doakanlah mereka. Doakan agar mereka segera diberi hidayah. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk menerima mereka, dan hatimu pun akan jauh lebih tenang.

6. Tetap tersenyum meskipun hati tengah bersedih


Saat kamu sedih karena sesuatu, dan tak mampu membendung air mata yang mengalir dari hatimu, maka sebelum air mata itu mengalir lewat mata, kamu bisa mengalihkan kesedihanmu dengan tersenyum. InsyaAllah ketika kamu tersenyum, minimal perasaanmu akan jauh lebih baik.

Itulah beberapa kunci untuk membuka kebahagiaan hidup. Petuah yang bermakna dari Ali Bin Abi Thalib yang sepantasnya kita ikuti untuk mendapatkan kemudahan dalam hidup dan kedamaian hati.
loading...
Top