Distrik Mulia, Sebuah Kota Penyangga Langit Papua yang Bakal Bikin Kamu Menggigil Disana!


Berada Papua bagian barat, Kabupaten Puncak Jaya berbatasan dengan Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Lani Jaya, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Puncak.
Dengan luas wilayah mencapai 6.477 km2, Kabupaten Puncak Jaya memiliki delapan distrik atau wilayah administratif. Satu di antaranya adalah Distrik Mulia. Wilayah ini menjadi kawasan permukiman penduduk tertinggi di Indonesia lantaran berada di ketinggian 2.448 mdpl.


Baca juga : Berniat Travelling? Pahami Trik dari Benda Sederhana yang Berguna Saat di Perjalanan!

Suhu udara di Distrik Mulia pada malam hari mencapai 9 derajat celcius. Lokasinya yang tak jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya membuat daerah ini terkadang memiliki suhu udara mencapai titik beku. Data dari Badan Metereologi dan Geofisika, curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jaya terjadi hampir sepanjang tahun. Distrik Mulia memiliki jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa, dengan luas wilayah 883 km2. Tak heran, meskipun udara disana sangat dingin, namun ketika berkunjung kesana akan tampak wajah ramah dan hangat dari setiap warganya.

Untuk mencapai Distrik Mulia satu di antaranya adalah menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang hanya dapat memuat sembilan penumpang. Pesawat ini mendarat di satu-satunya bandara di Mulia. Perjalanan menuju Distrik Mulia dapat ditempuh selama satu jam dari Kota Jayapura. Karena Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat. Berikut video penampakannya.


Selain menggunakan pesawat, Distrik Mulia dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat. Selama 16 jam, perjalanan harus melewati jalan berupa tanah dan bebatuan. Selain itu, harus melewati punggungan bukit dengan jurang yang dalam di sisi kanan dan kiri. Meskipun begitu, distrik ini sudah mulai terkena arus modernisasi yang ditunjukkan dengan adanya sejumlah kantor pemerintahan.

Baca juga : Pusat Laut Donggala, Sumur Raksasa Terbesar Di Dunia yang Wajib Ditelurusi Kemegahannya!

Pemukiman penduduk pun tersebar di seluruh penjuru Distrik Mulia yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik. Di antaranya rumah ibadah, rumah sakit, sekolah, dan tempat olahraga. Sebagai sumber listrik, Distrik Mulia memiliki sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Nah, berniat untuk mengunjungi pemukiman tertinggi di Indonesia ini?
loading...
Top