Begini 10 Langkah Penanganan Pertama Pada Sakit Leher


Siapapun pasti pernah merasakan bagaimana menderita sakit leher. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sakit leher, seperti adanya peradangan atau cedera.

Sebagian besar, sakit leher biasanya bukan kondisi yang serius dan bisa hilang dalam beberapa hari. Namun dalam beberapa kasus, sakit ini mungkin menunjukkan adanya cedera serius yang memerlukan perhatian medis.

BACA : Ketahui 4 Penyebab Sakit Leher yang Sering Kita Abaikan

Jika Anda hanya mengalami sakit leher ringan, Anda bisa meringankan sakitnya di rumah dengan melakukan langkah-langka sederhana seperti:

1. Menerapkan es selama beberapa hari pertama, setelah itu terapkan bantal pemanas, kompres hangat, atau mandi dengan air hangat.

2. Ambil obat-obatan penghilang rasa sakit yang banyak dijual di pasaran, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

3. Tidak melakukan olahraga atau aktivitas yang dapat memperburuk sakit leher untuk sementara waktu, sampai sakitnya hilang.

4. Latih leher Anda setiap hari, seperti perlahan-lahan regangkan kepala dengan gerakan ke sisi kanan dan kiri, serta ke atas dan ke bawah.

5. Perbaiki postur tubuh

6. Hindari mengapit telepon di antara leher dan bahu.

7. Sering mengubah posisi Anda dan jangan berdiri atau duduk dalam satu posisi terlalu lama.

8. Lakukan pijatan leher dengan lembut.

9. Gunakan bantal leher khusus saat tidur.

10. Dan jangan gunakan penyangga leher tanpa persetujuan dokter. Jika Anda tidak menggunakannya dengan benar, mereka justru dapat membuat rasa sakit memburuk.
loading...
Top