5 Kesalahan Fatal Ketika Memilih Warna Cat! Wajib Tahu

Suasana ruangan akan lebih berwarna dan lebih cerah dengan cara di cat. Pengecatan tidak boleh asal-asalan agar hasilnya lebih bagus dan lebih maksimal. Tapi tahukah anda, ada kesalahan fatal yang sering banget dilakukan, sehingga mengurangi hasil akhir pengecatan tersebut. Inilah 5 kesalahan fatal tersebut yang kami kutip dari desainrumah99.

 tahukah anda, ada kesalahan fatal yang sering banget dilakukan, sehingga mengurangi hasil akhir pengecatan tersebut. Inilah 5 kesalahan fatal tersebut

1. Mengabaikan teori lingkaran warna 

Memilih palet warna bisa menjadi hal yang amat sulit, namun dengan mengetahui dasar-dasar teori lingkaran warna dan bagaimana setiap warna dapat bersinergi, maka beban pikiran anda akan terasa sedikit lebih ringan.



Lingkaran warna adalah sebuah alat dasar untuk mengkombinasikan beragam warna agar tampak bagus ketika bersinergi. Lingkaran warna dirancang sedemikian rupa sehingga hampir semua warna yang anda pilih terlihat harmonis ketika disinergikan. Ada banyak versi dari lingkaran warna ini, namun versi yang umum ada lingkaran 12 warna berdasarkan model warna RYB.

2. Melupakan konsep 60-30-10 


Pikirkan juga teori warna 60-30-10 untuk menciptakan estetika warna yang tepat. Bagilah pilihan warna pilihan anda menjadi tiga yang terdiri dari, 60 persen adalah warna dominan, 30 persen adalah warna sekunder, dan 10 persen adalah warna aksen (tersier).

3. Mengabaikan pencahayaan ruangan 


Pertimbangkanlah bagaimana pencahayaan ruangan akan mempengaruhi warna pilihan anda. Bayangkan terlebih dahulu apakah pilihan warna anda bisa cocok dengan pencahayaan ruangan di rumah anda.

4. Kombinasi Warna Terlalu Banyak


Sementara kombinasi beberapa warna bisa mempercantik ruangan, terlalu banyak kombinasi warna bisa memperburuk keadaan. Ikuti skema warna favorit anda namun tetap mengikuti aturan 60-30-10 untuk menciptakan harmonisasi warna yang indah.

5. Ikut-ikutan Tren


Menambahkan sentuhan warna yang sedang tren di ruangan rumah anda memang sah-sah saja dan bisa membuat ruangan tampak lebih segar. Namun anda harus bijak terhadap hal ini dan tidak terjebak didalamnya. Pastikan warna tren yang anda pilih bisa bersinergi dengan baik terhadap perabotan rumah anda.

Kalau sudah tahu, jangan di laukan ya.. Supaya tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat.


loading...
Top