Wajib Tau, Faktor Penyebab Gusi Bengkak



Hal-hal kecil terkadang kita hiraukan, sehingga menimbulkan permasalahan-permasalahan kesehatan salah satunya gusi bengkak. Gusi bengkak memang termasuk masalah kesehatan yang ringan, namun jika tidak segera diobati akan berbahaya. Jika pembengkakan gusi tidak segera diobati akan sangat rawat terjadinya infeksi sehingga banyak yang ditimbulkan seperti sakit disertai nyeri dan juga nafas tak sedap.

BACA JUGA : Awas Kanker Payudara, Deteksi Sedini Mungkin! Cek di Sini

Merawat gigi serta gusi tidak cukup dengan sikat gigi setiap hari, namun asupan vitamin juga sangat diperlukan untuk kesehatan gigi dan gusi. Gusi bengkak biasanya diserta perubahan warna gusi, sebelumnya berwarna pink namun lama kelamaan akan berwarna agak hitam. Nah, dibawah ini ada enam hal-hal kecil yang menjadi penyebab gusi bengkak, diantarya:

1. Tidak Menjaga Kebersihan Mulut



Menjaga kebersihan mulut merupakan suatu keharusan, untuk membersihkan mulut sebenarnya cukup dengan berkumur agar sisa-sisa makanan yang menempel terbuang. Berkumur memang sepele, namun berkumur membantu membuang sisa-sisa makanan pada gigi. Sisa-sisa makanan ini jika terus menempel di gigi dan gusi akan timbulnya bakteri sehingga menyebabkan gusi bengkak.

2. Jarang Menggosok Gigi



Menggosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari, sudah membantu menjaga dari sakit gigi dan gusi bengkak. Selain itu, salah memilih sikat gigi juga akan menyebabkan gusi terluka dan bisa menyebabkan bengkak. Jadi baiknya, pakailah sikat gigi yang lembut aman untuk gusi sehingga tidak menimbulkan iritasi pada gusi atau kulit mulut.

3. Konsumsi Makanan Kurang Baik



Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat akan menyebabkan gusi bengkak, salah satunya makanan manis. Makanan manis jika terlalu sering maka akan sangat tidak baik untuk gigi dan gusi, Anda bisa mengganti dengan buah-buahan. Hal ini karena buah-buahan memiliki kandungan manis yang alami sehingga memiliki nutrisi yang menyehatkan.

4. Kekurangan Vitamin



Kekurangan vitamin juga terkadang menyebabkan kesehatan gigi dan gusi terganggu sehingga menimbulkan seperti gusi bengkak. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin sangat diperlukan seperti buah-buahan, susu, dan makanan bergizi lainnya.

5. Pakai Behel



Pemakaian behel atau kawat gigi sebenarnya sangat menyiksa, dan biasanya orang pertama kali memakai behel akan mengalami pembengkakan pada gusinya. Pemasangan behel sebenarnya agar gigi lebih sejajar dan rapih, namun dokter spesialis gigi sudah mengantisipasi agar tidak terjadi pembengkakan. Maka dari itu, pemasangan behel harus ke dokter spesialis gigi bukan ke yang lain.

6. Wanita Hamil



Gusi bengkak biasanya terjadi juga pada wanita hamil, terutama pada masa kehamilan masih terbilang muda. Hal ini disebabkan meningkatnya aliran darah ke gusi, sehingga menyebabkan gusi mudah mengalami iritasi, dan juga bengkak.

Maka dari itu, rawatlah gigi dan gusi setiap hari agar tehindar dari sakit gigi dan gusi bengkak. Semoga bermanfaat...
Top