Unggah Foto di Facebook, Tangkap Ikan di Aliran Kali Ciliwung Dengan Tangan Kosong, Ini Kata Dinas Kebersihan

Aksi seorang warga yang menangkap ikan nila di Kali Ciliwung, Lenteng Agung, menjadi viral di dunia maya. Foto yang diunggah oleh akun Facebook bernama Sarmili Lenteng Agung itu menunjukkan seorang warga yang berhasil menangkap ikan nila di Kali Ciliwung dengan tangan kosong.



Kepala Seksi Penyuluhan dan Humas Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Yogi Ikhwan, tak menampik banyak ikan di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung. Ada yang merupakan ikan alami, maupun ikan yang terlepas dari kolam warga sekitar.

Seperti yang dilansir dari kompas.com "Nah, ikan yang dari kolam orang di pinggir Ciliwung karena banjir, terus masuk di Kali Ciliwung ada juga. Misalnya aliran Ciliwung di Depok banyak kolam pemancingan, nah bisa masuk ke sana," kata Yogi

Hanya saja, lanjut dia, ikan-ikan yang berada di aliran Kali Ciliwung kebanyakan merupakan ikan alami. Dia menyebut, sebagian besar aliran Kali Ciliwung yang sudah bersih membuat ikan-ikan jadi beranak pinak. Sehingga ikan di aliran Kali Ciliwung semakin banyak.



"Ada ikan sepat, gabus, lele, sapu-sapu, betok, mujaer, gurame, bawal air tawar," kata Yogi.
Dia menjelaskan, ikan-ikan ini sudah ada sejak dulu. Hanya saja, sejak rutin dibersihkan, ikan-ikan semakin banyak yang berenang di Kali Ciliwung.

Dia mengatakan, pasukan oranye alias petugas UPK Badan Air Dinas Kebersihan juga kerap menangkap ikan di Kali Ciliwung. Setelah itu, mereka memakan ikan bersama-sama.

"Ikannya bisa dimakan. Kalau main ke base camp kami, anak-anak (pasukan oranye) suka bakar ikan," kata Yogi.

Adapun, lanjut dia, ikan paling banyak ditemukan di aliran Kali Ciliwung di Lenteng Agung, Cijantung, dan Condet. Ia mengaku tidak mengetahui perihal foto yang diunggah oleh Sarmili Lenteng Agung.

Yogi menjelaskan, di tepi Ciliwung di Lenteng Agung ada padepokan pencak silat. Ia menduga para pesilat kerap latihan menangkap ikan dengan tangan kosong. Lazimnya, orang menangkap ikan dengan jaring atau alat pancing.
Top