Ternyata ini 4 Penyebab Lemak Perut Tak Mau Hilang, Baca dan Hindari Hal ini



Anda pernah melihat orang yang terlihat langsing tapi bagian perutnya menggelambir? Atau bahkan anda sendiri? Hehehe. Memang lemak di area tengah tubuh ini seringkali lebih sulit dihilangkan dibanding dengan lemak di daerah lain.

Meski Anda sudah berhasil membentuk otot tangan dan kaki, tapi bagian pinggang, pinggul dan perut tetap saja dihinggapi lemak dan ada sebabnya yang bisa dibilang tak sepele. Inilah kemungkinan penyebab lemak perut Anda tak kunjung hilang menurut Cynthia Sass, ahli diet, nutrisi dan olahraga dari Amerika Serikat, dikutip dari kompas.com.

1. Melakukan latihan yang salah



Anda sudah tahu peran penting olahraga dalam menjaga berat badan dan kesehatan Anda. Olahraga juga berperan penting memerangi ukuran pinggang berkembang.

Baca Juga : Istri Harus Tahu ini, Ini 5 RAHASIA Lelaki yang Punya Selingkuhan

Sayangnya, masih banyak orang yang rajin berolahraga, namun memilih jenis latihan yang salah ketika mereka ingin mengurangi lingkar pinggangnya.

Latihan kardio, seperti berjalan, berlari, dan bersepeda adalah latihan yang hebat. Meski demikian, dalam urusan memangkas lemak perut, Anda lebih baik menggabungkan kardio dengan latihan ketahanan. Alasannya adalah karena peningkatan massa otot akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Jadi, Anda boleh saja hobi berlatih di mesin eliptikal, tapi pastikan Anda juga menggabungkannya dengan latihan seperti squat, push-up, angkat beban, dan penggunaan resistance band.

2. Penuaan


Usia bisa memberi dampak negatif pada angka di timbangan. Karena, banyak orang cenderung menjadi kurang aktif seiring usia bertambah. Ini dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan menambah lemak tubuh.

Wanita berisiko mengalami penumpukan lemak di bagian tengah tubuh mereka setelah masa menopause. Penurunan kadar estrogen akan mendistribusikan lemak dari paha dan pinggul langsung ke perut.

Jika Anda ingin memerangi hal ini, lakukan latihan kardio, seperti berjalan, berenang, dan bersepeda, serta latihan kekuatan. Tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa berada dalam bentuk tubuh yang pantas mengundang decak kagum, sekalipun usia Anda terus bertambah.

3. Stres


Apakah hidup Anda sering berada di bawah tekanan? Ketika terus-menerus cemas, nafsu makan Anda akan bertambah. Itu karena ketika sedang stres, tubuh akan masuk ke mode "lawan atau lari", lalu terjadi pelepasan hormon kortisol. Kortisol inilah yang membuat nafsu makan Anda menggila.

Stres juga menghabiskan banyak energi, sehingga tubuh akan mencari sumber energi tercepat yakni gula dan lemak.

Yang perlu Anda lakukan adalah membereskan masalah Anda kemudian menjauhi apapun yang membuat Anda tertekan. Memang tidak mudah, tapi itulah yang harus dilakukan.

Penting untuk mencari cara sehat untuk mengelola stres selain dengan melarikan diri ke makanan.

Baca Juga : Waduh, Ular Ini Malah Mati Keracunan Gara-Gara Gigit Payud@r@ Model Seksi ini

Lakukan yoga, pernapasan mendalam, latihan meditasi dan kesadaran, dan yang paling penting, teruslah berolahraga, karena olahraga bukan hanya untuk membentuk otot, tapi dengan berolahraga, tubuh akan merilis hormon bahagia.

4. Kurang tidur



Kurang tidur adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang, meski kita semua tahu bahwa orang dewasa memerlukan tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Kurang tidur tidak hanya akan membuat Anda merasa lelah, lesu, dan rewel.

Penelitian telah menunjukkan, bahwa kurang tidur juga akan meningkatkan risiko Anda menyimpan lemak tubuh di sekitar bagian tengah tubuh.

Jadi jika malam tanpa tidur telah menjadi kebiasaan, sekaranglah saatnya untuk menilai kembali rutinitas malam Anda.

Jadikan tidur prioritas utama di waktu malam, sehingga Anda bisa mendapatkan istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dan menyingkirkan apa yang tidak Anda inginkan yaitu tumpukan lemak di area perut anda yang menenggelambir.

loading...
Top