Sering Alami Kesemutan? Inilah 6 Obat Mujarab Untuk Mengobatinya


Kesemutan mungkin sepintas seperti kondisi kesehatan yang terlalu kecil dan kerap diremehkan karena hanya sebentar saja kemudian sembuh. Namun ketika kesemutan terlalu sering dan lama sembuhnya, ini menjadi masalah lain yang cukup serius. Terkadang kesemutan bisa menjadi pertanda adanya kondisi penyakit serius pada tubuh Anda sehingga memang Anda perlu memerhatikan betul kondisi tubuh dengan baik.

Kesemutan dapat terjadi di banyak area tubuh, seperti di bagian kaki, tangan atau di anggota tubuh lainnya. Mungkin Anda mengharapkan obat kesemutan yang bisa secara ampuh menyembuhkan kondisi ini. Bila Anda sedang mencari obat yang alami dan efektif, Anda dapat mencoba beberapa rekomendasi obat di bawah ini.

1. Kayu Manis

Nutrisi dan senyawa-senyawa baik ada terkandung di dalam kayu manis, seperti kalium dan mangan serta vitamin B kompleks yang sangat penting. Nutrisi itulah yang akan membuat aliran darah meningkat dan lebih lancar ke kaki maupun lengan. Kesemutan serta mati rasa akhirnya akan terobati dengan baik.

2. Ginkgo Biloba

Tanaman bernutrisi tinggi ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, tak terkecuali untuk meredakan mati rasa dan menghilangkan kesemutan. Ginkgo biloba adalah tanaman yang bisa Anda ramu untuk memperlancar peredaran darah. Hanya saja, Anda perlu tahu takaran yang tepat yaitu dosis sebanyak 40 mg dengan aturan konsumsi sehari 3 kali. Namun akan jauh lebih baik bila Anda dapat mengonsultasikan dengan dokter sebelum ginkgo biloba ini Anda konsumsi, apalagi kalau Anda ada penyakit tertentu dan mengonsumsi obat-obatan tertentu juga.

BACA JUGA : Jangan Pernah Gunakan Cotton Bud Lagi! Ini Dia Resikonya

3. Kamomil

Seperti yang kita tahu, kamomil ini kerap dijadikan teh untuk menenangkan diri ketika stres melanda. Tapi rupanya, teh kamomil tak hanya bisa Anda nikmati sebagai pereda stres atau ketika tekanan mental terjadi pada Anda. Kamomil kering bisa Anda seduh untuk dijadikan teh herbal yang bisa meredakan kesemutan, baik itu yang terjadi di bagian tangan, kaki atau lainnya.

Anda bisa menyeduh dan mengonsumsi teh kamomil, tapi juga dapat mengaplikasikan krim yang terbuat dari bunga kamomil dan dapat dioles ke area yang terkena kesemutan. Selain dapat mengobati, kamomil juga mampu mencegah kesemutan untuk datang kembali. Bahkan kamomil ini sangat bagus untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan sariawan.

4. Sage

Tak banyak mungkin yang tahu bahwa sage merupakan tanaman yang juga terpercaya dalam mengobati kesemutan. Menjadi tanaman yang cukup handal menjadi salah satu cara mengobati sariawan secara alami, sage pun ternyata sangat ampuh dalam menyembuhkan masalah kesemutan. Jangan anggap enteng kesemutan yang bahkan sulit untuk sembuh karena bisa jadi Anda justru membiarkan suatu penyakit berkembang di dalam tubuh.

Dalam diet Anda, jadikanlah sage sebagai salah satu menu harian karena meningkatkan asupannya akan sangat baik untuk menyehatkan tubuh Anda. Bahkan dengan cara ini, Anda akan terjauh dari kesemutan karena tujuan utama dalam konsumsi sage ini adalah untuk memperlancar peredaran darah.

5. Minyak Lavender

Minyak lavender memang sudah terkenal baik ketika dijadikan sebagai perawatan kulit bermasalah. Selain menjadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk atau cara mengobati kurap secara alami, hingga memudarkan bekas luka, minyak lavender bisa mengobati kesemutan. Walau kesemutan dirasakan dari dalam dan ini diakibatkan oleh tidak lancarnya sirkulasi darah, Anda tetap bisa mengandalkan minyak ini.

6. Minyak Rosemary

Selain dari minyak lavender, masih ada juga minyak rosemary yang bisa Anda andalkan dalam mengobati masalah kesemutan. Memang minyak rosemary ini cukup banyak digunakan sebagai cara mengatasi ketiak basah, tapi bukan hanya itu manfaatnya. Sama seperti minyak lavender, minyak ini pun dapat dijadikan obat oles.
Top