Presiden Jokowi Masuk Daftar 50 Tokoh Islam Paling Berpengaruh di Dunia

Siapa sangka jika sosok Jokowi, Preseiden kita saat ini begitu sukses. Tak hanya jadi orang nomor 1 di Indonesia, ternyata Jokowi juga masuk dalam daftar 50 tokoh islam paling berpengaruh di Dunia loh!



BACA JUGA: Adakan Syukuran, Jika Hasil DNA Tunjukan Ario Kiswinar Benar-benar Anak Kandung Mario Teguh

Hal ini dikemukakan oleh laporan bertajuk "The Muslim 500: The World's 500 Most Influental Muslims" yang baru saja terbit di Yordania untuk edisi 2017. Presiden Republik Indonesia, masuk dalam daftar top 50 dari 500 tokoh yang dihadirkan.

Pihak penerbit, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA) adalah lembaga penelitian mandiri yang berada di bawah naungan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, berpusat di Amman, Kerajaan Yordania.

Dikutip Wajibbaca dari liputan6, Pada posisi ke-13, Joko Widodo yang dilantik menjadi Presiden Indonesia pada 20 Oktober 2014, disebut dalam laporan itu sebagai pemimpin yang populis. Hal ini terjadi karena oada September 2012 lalu, Jokowi menjadi wali kota Solo sebelum menjadi Gubernur DKI.

Saat menjadi wali kota Solo, menurut laporan Muslim 500, Jokowi dinilai sukses karena kedekatannya dengan konstituen, dan memiliki reputasi sebagai politisi yang 'bersih'.

Kesuksesan politik berlanjut ketika suami Iriana itu terpilih menjadi gubernur Jakarta. Sebagaimana halnya dengan Solo, Jokowi dinilai telah membuat reformasi yang berarti dalam pendidikan, angkutan umum, pemberdayaan PKL, dan pasar tradisional.

"Presiden Widodo adalah presiden pertama RI yang tak datang dari latar belakang elite militer atau politik," demikian seperti dikutip dari situs themuslim500.

Salah satu kebiasaannya yang jadi sorotan adalah blusukan, untuk mendengar dan melihat langsung  apa yang terjadi dalam masyarakat. Dengan itu, ia diharpkan bisa menularkan keberhasilannya sebagai wali kota dan gubernur ke dalam jabatannya sebagai presiden, terutama mengedapankan akuntabilitas dan transparansi.

Juga masuk dalam daftar adalah Ketua NU, Said Aqil Siradj pada posisi 20, Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin pada posisi 41, dan Habib Luthfi Yahya,  Rais 'Amm Jam'iyyah Ahli Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah di urutan 45.
loading...
Top