Kronologi Tewasnya Adi Winarso, Pesepeda yang Ditabrak Bus di Karawang



Sungguh mengenaskan, nasib seorang pria 47 tahun ini. Hobinya bersepeda mengantarkanya kepada maut. Saat sedang asyik melakukan rutinitasnya, bersepeda seperti biasa. Adi Winarso, langsung tewas dihantam bus.

Kejadian ini berlangsung saat Adi sedang mengayuh sepedanya di Jalan Interchange, Karawang Barat, Rabu (5/10/2016) pukul 18.30. Lokasi kejadian tepat di depan Hotel Resinda di Kelurahan Purwadana, Kecamatan Jambe Timur, Karawang, demikian dilansir warta kota.

Petugas Polantas Polres Karawang, mengutip keterangan saksi mata menyatakan, Adi tengah bersepeda di pinggir jalan dari arah Karawang Barat menuju Gempol.

Pada saat kejadian dari arah belakang sepeda melaju bus PO Warga Baru nomor polisi B 7547 VB yang dikemudikan Yuserman (46), warga Dawuan, Cikampek.
Bus langsung menghantam sepeda, diduga karena sang sopir tak melihat dengan cermat.

Baca Juga : Penumpang Airbus A312 Teriak Histeris, Pesawat ini Diterpa Angin Kencang Hingga Dipaksa Mendarat Dua Kali

"Korban terlempar dan terluka berat di bagian kepala. Saat akan ditolong warga ternyata sudah meninggal," tutur polisi dalam laporannya. Korban lalu dievakuasi ke RSUD Karawang dan polisi mengamankan sopir dan bus yang menabrak.

Adi yang tinggal di Taman Kebalen Indah Blok F2 Nomor 16, Kebalen, Bekasi dikenal sebagai pesepeda yang menyukai perjalanan jarak jauh. Ia rutin bersepeda dari rumah ke tempat kerjanya di Karawang.

Di kalangan rekan-rekannya di komunitas pesepeda di Karawang, Bekasi, dan Jakarta, ia dikenal ramah, tangguh, dan selalu ceria di perjalanan. Ucapan duka terus mengalir lewat akun FB-nya yang bernama Didie Alghifary.

Peristiwa tragis ini menambah panjang daftar pesepeda yang meninggal karena kecelakaan di jalan raya. Pada 9 Januari lalu, Jaenal Arifin (35), pejalan kaki, dan Anen (55), buruh yang tengah bersepeda, tewas bersamaan akibat ditabrak Toyota  Vios yang dikemudikan Giovani Hezekiah Chandra (20) di Jalan Boulevard Artha Gading, Jakarta Timur. Kasusnya ditangani Ditlantas Polda Metro Jaya.

Lalu pada 13 Agustus lalu, Hendra Saputra (64) yang tengah mengayuh sepeda di jalur cepat Jalan Jendral Sudirman ditabrak pengendara mobil hingga tewas di lokasi kejadian. Kejadian ini menggugah publik pesepeda akan pentingnya keselamatan bersepeda di jalan raya dengan mengikuti peraturan yang berlaku dan mengenakan perlengkapan yang memadai seperti helm dan lampu keselamatan.

Pemerintah juga diminta meningkatkan upaya menjamin keselamatan pengguna jalan, terutama pejalan kaki dan pesepeda. Setidaknya rambu-rambu peringatan perlu ditambah di daerah rawan kecelakaan.

Ada lagi sebuah rekaman CCTV lalu lintas, di Pasuruan Jawa Timur. Tak jelas kapan waktunya, namun dalam video ini terlihat kecerobohon seorang pengemudi truk. Lihat ngerinya,

Top