Keren! Selain Rupiah, Indonesia Juga Cetak Uang Negara Lain



Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertugas mencetak uang rupiah, baik kertas maupun logam. Selain mencetak uang rupiah, perusahaan ini juga mencetak produk sekuriti lainnya, termasuk paspor, pita cukai, materai, dan sertifikat tanah.



Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1971 ini ternyata nggak cuma mencetak mata uang Indonesia aja, lho.
Dilansir Tribun Travel dari Wikipedia.org, Peruri ternyata mendapat pesanan untuk membuatkan uang dari negara lain. Di antaranya mata uang negara Nepal (ruppe), mata uang Somalia (shillir), dan uang koin Argentina yaitu peso.

Baca Juga : Pidato Kapolda Nusa Tenggara Barat ini Membuat Hati Tergetar

Tahun 2005 lalu, Peruri menerima pesanan untuk membuatkan mata uang Malaysia, Bangladesh, dan Sri Lanka. Bukan cuma mata uang, Sri Lanka, Malaysia, dan Nepal juga memercayakan perusahaan ini untuk mencetak dokumen-dokumen sekuriti bagi negara mereka.



Saat ini, Peruri punya empat gedung yang berlokasi di Jakarta, Karawang, Surabaya, dan Medan. Pabrik percetakan uang dan surat berharga, berada di Karawang, Jawa Barat.

Di pabrik cetak ini, pengawasan dan keamanannya sangat ketat.
Bagi siapa saja yang masuk, termasuk pegawai, tidak diperbolehkan membawa uang dan barang apapun. Termasuk ponsel dan barang elektronik yang dapat digunakan untuk mengambil gambar.

Keistimewaan setiap produk yang dicetak Perum Peruri memiliki ciri khusus yang mengutamakan segi-segi pengamanan, mengingat dokumen tersebut merupakan dokumen negara yang sangat vital. Oleh karena itu, Perum Peruri selalu memfokuskan unsur-unsur sekuriti atau security feature pada setiap produk cetakannya.
Keren ya, ternyata Indonesia.
loading...
Top