Berani Tawuran Tepat Pada Hari Sumpah Pemuda, Pas Ditanya Sumpah Pemuda Jawabannya "Gak Tau Pak..."

Tepat pada hari sumpah pemuda pada Jumat (28/10) Puluhan pelajar dari dua sekolah di Cirebon, Jawa Barat, digiring ke kantor Polres Cirebon Kota karena terlibat tawuran. Karena bertepatan pada hari Sumpah Pemuda, merekapun dihukum untuk menyebutkan isi dari sumpa pemuda. ⠀



BACA JUGA: Gegerkan Netizen! Lihat Saja Isi Spanduk Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ini

"Yang tegap, dada busungkan ke depan! Ayo, coba yang kencang Sumpah Pemuda!" kata polisi.

"Kami, putra-putri bangsa Indonesia... Lupa, Pak," jawab seorang pelajar di halaman Polres Cirebon Kota.

Dikutip Wajibbaca dari Indozone, Para pelajar itu terlibat saling lempar batu di jalan utama pantai utara Jawa. Seorang pelajar SMK Nusantara mengatakan, awalnya ia dan puluhan pelajar lainnya hendak pulang sekolah. Di Jalan Perjuangan, mereka dilempari batu oleh sejumlah pelajar dari sekolah lain.



"Lagi naik omprengan, tiba-tiba dilemparin batu di Jalan Perjuangan Pantura sama (siswa) STM negeri dan SMK nasional. Mereka jumlahnya banyak dan nyerang duluan," kata Riki, pelajar tersebut.

Hingga akhirnya aksi tawuran pun tak terelakkan. Polisi membawa ratusan pelajar yang terlibat dalam aksinya itu. polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa batu dan gir.

Selain mendata mereka, polisi juga memberikan sanksi menyanyikan lagu kebangsaan dan mengucapkan Sumpah Pemuda. "Tenyata hasil pemeriksaan, mereka ini nyaris tak hafal, bahkan banyak yang tak tahu hari ini Sumpah Pemuda," kata AKP Amat S Kasat Sabhara Polres Cirebon Kota.

Hingga Jumat petang, petugas kepolisian masih memberikan pembinaan sekaligus meminta pengisian surat pernyataan untuk tidak melakukan hal serupa. Para pelajar tidak diperbolehkan untuk pulang sebelum mendapat klarifikasi dari pihak sekolah dan orang tua.
loading...
Top