Apakah Konsumsi Makanan Kadaluarsa Berbahaya? Inilah Jawabannya


Tahukah Anda bahwa makanan kemasan memiliki tanggal kedaluwarsa yang berfungsi sebagai peringatan agar kamu tidak mengonsumsinya lewat dari tanggal yang dicantumkan. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa akan berujung dengan datangnya penyakit seperti gangguan pencernaan. Apakah benar demikian?

Mengonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa tak selalu membahayakan kesehatan tubuhmu. Sebagian besar dari produk kemasan ini masih aman dikonsumsi asal tidak berubah bentuk, rasa, warna, serta tidak terkontaminasi dengan bakteri apapun.

"Sebenarnya, hal yang membuat kita sakit setelah mengonsumsi suatu makanan adalah kontaminasi bakteri seperti E.coli, salmonella, atau bakteri listeria. Dan selama makanan yang akan dikonsumsi tidak terkontaminasi bakteri, maka aman untuk dikonsumsi," tulis penelitian tersebut.

BACA JUGA : Akibat Bully Penderita Kanker, Gadis Cantik ini Di Gundul Plontos Oleh Ibunya Sendiri

"Namun kamu juga harus mewaspadai makanan kaleng atau makanan kemasan yang akan kamu konsumsi. Kontaminasi bakteri bisa dilihat dari perubahan bentuk dan rasa makanan. Lalu kebocoran di kemasan atau kaleng makanan juga wajib kamu waspadai. Dan saat kamu membuka kemasan, kaleng, atau botol makanan dan mendengar bunyi yang mendesis, maka segera buang makanan tersebut karena sudah tidak layak konsumsi."
Top