Sering Terkena Alergi? Waspadai Penyebabnya Segera



Alergi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat yang biasanya tidak berbahaya di suatu lingkungan.

Penyebab alergi yang terjadi berbeda-beda, tergantung kondisi dan dimana objek terkena alergi. Berikut adalah faktor-faktor penyebab alergi.

1. Faktor genetik (keturunan)

 Jika salah satu atau kedua dari orangtua mempunyai riwayat alergi entah itu dari makanan, Udara dan sebagainya maka akan dirturunkan pada keturunannya. Alergi jenis ini tidak bisa hilang untuk selamanya namun dapat dicegah dengan menghindari apapun yang dapat menyebabkan tubuh mengalami reaksi alergi.

BACA JUGA : Inilah Buah-buahan Enak Yang Ampuh Turunkan Penyakit Kolesterol

2. Faktor lingkungan


Banyak orang yang mengalami bentol bentol dan gatal yang tak kunjung hilang setelah digaruk hanya karena permukaan kulit terhinggapi serbuk sari dari bunga tertentu, Karena debu jalanan atau dari bulu bulu hewan yang rontok lalu berterbangan terbawa angin. Alergi jenis ini dapat mengganggu aktifiatas sehari harim ketika terjadi pada saat pekerjaan sedang berlangsung diluar kantor.

3. Makanan dan minuman 


Makanan yang mengandung protein tinggi dan kandungan logam yang cukup tinggi dapat menyebabkan alergi berupa ruam ruam kemerahan yang gatal atau biduran diseluruh tubuh, misalnya bahaya makanan laut terdiri dari tiram, Kepiting, Udang, Kerang, ikan laut, kacang kedelai ,Susu dan sebagainya. Sedangkan minuman yang mengandung alkohol dapat pula menyebabkan kulit terserang biduran yang sangat gatal.

4. Akibat udara dingin


Cuaca terlalu dingin dapat menyebabkan kulit terserang biduran atau bentpl bentol yang tidak gatal namun cukup mampu mengganggu penampilan menjadi buruk . Selain itu tubuh akan mengalami dehidrasi dan kulit kering. Pad udara dingin sebaiknya seringlah minum air putih hangat agar tubuh tetap fit. Selain cuaca dapat pula disebabkan karena temperatur udara kamar yang terlalu sejuk akibat pemakaian AC yang berlebihan.

5. Serangan radikal bebas


Asap rokok, Asap pembakaran sampah, Asap kebakaran, Debu atau apapun yang telah terkontiminasi dengan partikel beracun dan bakteri mudah mengiritasi kulit dan memicu munculnya reaksi alergi berupa gatal gatal, Efek panas pada kulit dan munculnya pembengkakan.

6. Reaksi zat kimia 


Pada sebagian orang ada yang tidak tahan dengan parfum atau apapun yang mengandung pewangi karena akan menimbulkan alergi berupa bersin bersin, Hidung berair lalu terserang pilek. Sedangkan yang terbuat dari bahan kimia lainnya misalnya bedak, Kosmetik, Handbodi lotion, Pasta gigi, Sabun, dan sebagaianya termasuk penggunaan obat obatan tertentu dapat menyebabkan munculnya ciri ciri alergi kulit berupa bentol kecil kecil atau besar yang jika digaruk akan bertambah gatal yang memicu iritasi kulit yang terbuka. Cara penanganan alergi obat lebih disarankan agar endapan zat kimia obat yang telah ada dalam tubuh dapat segera dikeluarkan dengan pengobatan yang bukan mengandung zat kimia juga.

Top