Hati-hati, 4 Kesalahan Pemakaian Lensa Ini Menyebabkan Kebutaan!

Kontak lensa sebenarnya dipakai untuk mata yang rabun. Tapi dengan berkembangnya jaman, kontak lensa dipakai untuk fashion atau mempercantik diri.



BACA JUGA: Balasan Kejam di Mekah Akibat Sering Memasukkan Benda Sihir ke Mulut Jenazah

Karena dipakai di mata, maka kontak lensa itu harus streril agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bahkan bisa membuat mata pemakainya buta loh apabila salah perawatannya, seperti 4 kebiasaan ini dikutip dari dream.

Tangan Tidak Steril




Tangan merupakan salah satu organ tubuh yang paling banyak menyimpan kuman dan bakteri. Hal ini dikarenakan tangan menjadi organ yang pertama kali bersentuhan langsung dengan benda apapun. Sebaiknya jika ingin memakai kontak lensa, bersihkan terlebih dahulu tangan dengan antiseptik baru aplikasikan kontak lensa ke mata kamu.

Dipakai Berenang


Salah satu aktivitas luar yang harus dikurangi dalam pemakaian kontak lensa adalah ketika kamu berenang. Sebaiknya lepas terlebih dahulu kontak lensa kamu sebelum berenang, karena air di dalam kolam renang juga banyak mengandung bakteri.


Dipakai Tidur


Kebiasaan yang sering dilakukan adalah tidur dengan menggunakan kontak lensa. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena ada beberapa bagian yang ada di lensa mata perlu bernafas dengan udaraluar, kalau selama seharian matanya tertutup bagaimana bisa mereka tumbuh dan bernafas dengan baik.

Terlalu lama dipakai


Steven Shanbom, MD, ahli ophthalmologist menganjurkan untuk melepas lensa kontak setelah pemakaian lebih dari 14 jam. Lagi-lagi, mata membutuhkan istirahat seperti organ tubuh lainnya.

Dipakai bergantian


Yang namanya mata walaupun bentuknya sama, nyatanya ukuran setiap mata adalah berbeda. oleh karena itu, jangan sekali-kali bergantian menggunakan lensa yang sering dipakai oleh teman kita.

Nah, lebih berhati-hati ya guys, terutama mata karena mata adalah salah satu organ lunak yang dapat cidera kapan saja.
Top