CERDAS : Banyak Peserta Mahasiswa, Namun 2 Siswa Madrasah (SD) Ini Memenangkan Kontes Robot Asia

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 26 Jul 2016

CERDAS : Banyak Peserta Mahasiswa, Namun 2 Siswa Madrasah (SD) Ini Memenangkan Kontes Robot Asia
Kakak beradik Syahrozad Zalfa Nadia dan Avicenna Roghid Putra Sidik berhasil meraih Gold Prize pada kategori Super Maze Solving. via kemenag.go.id
Indonesia boleh berbangga, tetapi kedua orangtua siswa ini pasti lebih bangga lagi. Karena kedua anaknya mendapatkan juara di kontes robot asia yang diadakan di Malasya 2 hari yang lalu.

Dua siswa madrasah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah baru-baru ini menorehkan prestasi bagi Indonesia. Kakak beradik Syahrozad Zalfa Nadia dan Avicenna Roghid Putra Sidik berhasil meraih Gold Prize pada kategori Super Maze Solving pada kejuaraan Asian Robotic Championship yang diselenggarakan di Komplek Pusat Pendidikan Al-Amin Kuala Lumpur, Malaysia pada 23-24 Juli 2016.

Menurut, ibunda kedua siswa ini, Himatul Laily Waisnain, selain meraih Gold Prize, Zalfa dan Roghid juga mendapat Special Award. Penghargaan itu didapat saat mereka mengikuti kategori Brick Speed dan Robot Nero.

"Jadi mereka berdua mendapat juara umum kedua dalam ajang itu. Alhamdulillah, usaha kami dari Jakarta terbayar," kata Laily, dilansir dari kemenag.go.id, Selasa, 26 Juli 2016.

Penghargaan bagi Zalfa dan Roghid tak berhenti disitu saja. Menurut Laily, mereka mendapat penghargaan peserta favorit karena usianya yang terbilang masih muda.

"Mereka ini muda sekali karena usia masih di bawah 10 tahun. Peserta lainnya ada dari mahasiswa," ucap dia.

Baca Juga : Alasan Susahnya Mengajar Tentang SEX EDUCATION Kepada Siswa (Menurut Sudut Pandang Guru)

Kedua bocah itu, selain memenangi perlombaan robotik juga membuat proyek spesial. Laily mengatakan, kedua putranya membuat proyek bernama "crane otomatis control remote".

Robot jenis ini, kata Laily, membantu proses memindahkan barang atau benda besar yang tidak bisa diangkat manusia. Selain itu, robot ini juga dapat mempercepat pekerjaan dalam memindahkan barang sehingga dapat mengurangi kecelakaan kerja.

"Semua terkontrol dengan remote jarak jauh," ujar dia.

Gaung prestasi kakak beradik itu sebelumnya pernah mengudara. Dalam Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 yang diselenggarakan awal tahun ini di Singapura, mereka meraih Gold Prize Medal untuk Brick Speed, Silver Prize Medal untuk Maze Solving Junior, dan Bronze Medal untuk Aerial Robotic Junior.

Wah, ada lagi generasi muda penerus bangsa yang sangat berprestasi. Ayo bunda ajari dan beri semangat anak-anak kita agar belajar adalah suatu yang menyenangkan baginya. Bilapun tidak menjadi kebanggaan negeri paling tidak buah hati kita dapat menjadi kebanggan orangtuanya.
SHARE ARTIKEL