Kena Cacar Air Saat Kanak-kanak, Akankah Kena Lagi Saat Dewasa?

Penulis Penulis | Ditayangkan 24 Jun 2016

Kena Cacar Air Saat Kanak-kanak, Akankah Kena Lagi Saat Dewasa?

Cacar air umum dialami seseorang ketika usia kanak-kanak. Meskipun, ada pula mereka yang 'baru' kena cacar air saat sudah dewasa. Nah, ketika sudah kena cacar air saat anak-anak, mungkinkah saat dewasa terkena cacar air lagi?

dilansir dari health.detik.com menurut dr Paul Zollinger, Wakil Direktur Bupa, cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster. "Biasanya menyerang anak di bawah usia 10 tahun, namun siapapun dan di umur apapun dapat juga terjangkit," kata dr Zollinger .

Sementara itu, dikatakan bahwa virus varicella dapat lebih parah jika menjangkiti orang dewasa. Jika hal itu terjadi, pasien lebih berisiko terkena pneumonia atau paru-paru basah.

Baca juga: Pria Wajibbaca 8 Mitos Seputar Khitan

"Orang yang berisiko terinveksi virus biasanya yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah seperti perokok dan ibu hamil," ungkap dr Zollinger, dikutip dari Huffington Post.

Namun dr Zollinger mengatakan bahwa orang yang mengalami cacar air di waktu dewasa memiliki risiko terkena cacar air kembali dengan nama herpes zoster atau cacar ular. Ia menambahkan, herpes zoster ini sangat menyakitkan karena rasa gatal yang menusuk-nusuk dan timbulnya sensasi terbakar pada kulit.

"Namun cacar air tidak akan kembali lagi jika Anda melakukan tindakan pencegahan seperti pergi ke dokter saat merasa tidak enak badan dan muncul gejala bintik-bintik," tutupnya.
SHARE ARTIKEL