Siku Sering Merasa Kesetrum Ternyata Ini Penjelasanya

Penulis Penulis | Ditayangkan 12 May 2016

Siku Sering Merasa Kesetrum Ternyata Ini Penjelasanya
Pertanyaan :
Dok, kalo siku tangan kepentok atau kebentur kenapa rasanya seperti kesetrum gitu ya dok ?
apa sih penyebabnya dok ?

Jawaban :
Di daerah siku yang Anda maksud terdapat saraf ulnaris. Jika saraf ini terangsang akan menimbulkan sensasi seperti tersetrum karena impuls saraf dari siku ini diteruskan ke saraf yang ada di tulang belakang lalu ke otak dan diterjemahkan oleh otak sebagai rasa “tersetrum”.

Penjelasan :

Saraf Radialis 

Siku Sering Merasa Kesetrum Ternyata Ini Penjelasanya
Rasa seperti tersetrum itu sebenarnya tidak berbahaya. Tapi jika berlangsung terus menerus, tentu harus diwaspadai. Karena bisa mengakibatkan kelumpuhan atau kelainan tangan. Biasanya ini terjadi karena saraf radialis terjepit, atau tertekan benda keras dalam jangka waktu lama. Contoh perilaku yang bisa menyebabkan drop hand adalah tidur dengan meletakkan tangan dibelakang kepala. Atau tertidur sambil duduk, dengan ketiak di sandaran kursi.

Saraf Peroneus

Siku Sering Merasa Kesetrum Ternyata Ini Penjelasanya
Syaraf MedianusGangguan selanjutnya adalah kelumpuhan pada kaki akibat saraf peroneus profundus.
Kaki jadi seperti kaki ayam yang sedang melangkah, yaitu kaki tidak bisa menapak tanah dengan rata atau drop foot. Kaki juga tidak punya kekuatan untuk melangkah. Jadinya, untuk melangkah kaki diseret sebab memang tidak mungkin untuk melangkah secara normal. Gangguan ini akibat seseorang sering duduk dengan menyilangkan kaki atau bisa juga karena sering cukup lama bersila. Atau yang lebih akrabnya kita sebut kesemutan.

Sensasi ini hanya sementara dan tidak merusak saraf tersebut.

Semoga bermanfaat dan salam,
SHARE ARTIKEL