Waspadai Pembersih Wajah Mengandung Microbeads, Inilah Bahayanya

Penulis Unknown | Ditayangkan 11 Jan 2016


Membersihkan wajah secara rutin akan membuat wajah nampak bersih dan mencegah timbulnya jerawat. Itulah khasiat yang slalu diinginkan oleh semua orang. Tetapi bagaimana ya, jika berniat ingin membersihkan wajah untuk terlihat cantik ironinya malah menimbulkan bahaya?

Tentu saja kamu tidak menginginkan hal seperti itu terjadi pada diri kamu. Maka dari itu kamu harus mengetahui apa saja kandungan yang cocok kamu pakai untuk membersihkan wajah. Jika kamu memakai bahan alami untuk wajah tentu tidak apa apa. Tetapi jika bahan kimia yang kamu pakai agar lebih praktis kamu harus menelusurinya.

Waspadai Pembersih Wajah Mengandung Microbeads, Inilah Bahayanya

Kebanyakan pembersih wajah yang dibuat oleh pabrik mengandung bahan Microbeads. Sebenarnya microbeads merupakan butiran kecil halus yang biasa digunakan untuk perawatan tubuh. Tetapi ada baiknya juga bagi kesehatan kulit. Akan tetapi ada hal yang tidak baik dari microbeads yaitu untuk lingkungan.

Menurut Dr. Olivia Ong, Dipl. AAAM sebagai dokter estetika sekaligus founder dari Jakarta Aesthetic Center (JAC), "Struktur microbeads itu kalau diperbesar beragam ada yang bulat-bulat, tapi ada juga yang bentuknya bersegi-segi. Nah, untuk yang bersegi ini yang membuat luka-luka kecil di wajah saat membersihkan wajah."

Waspadai Pembersih Wajah Mengandung Microbeads, Inilah Bahayanya

Ternyata kandungan microbeads juga dapat membuat kulit semakin iritasi. Kulit yang iritasi terjadi akibat microbeads yang biasanya tidak tampak jelas dengan kasat mata, karena bentuk iritasi yang kecil. "Nah itu sebetulnya yang bersegi-segi itu membuat luka-luka kecil di wajah, meski tidak terlihat secara kasat mata," kata Dr. Olivia.

Maka penggunaan scrub jauh lebih baik, daripada menggunakan bahan pembersih wajah yang mengandung microbeads. Pilihlah sesuatu dengan bijak, dan jangan menyesal di akhir, semoga artikel ini bermanfaat.


SHARE ARTIKEL