Terungkap! 7 Fakta Yang Terjadi Ketika Turun Hujan Pertama Pada Setiap Musimnya

Komentar



Semasa kecil, pernahkah kamu dilarang oleh orang tua untuk tidak hujan-hujan an ketika baru hujan pertama pada setiap musimnya. Biasanya sih dilarang karena katanya bisa membuat kamu sakit.

Pasti buat kamu yang suka jalan sama pacarmu, pasti sudah mulai resah ketika mulai masuk musim hujan. Ya, pada saat musim hujan pasti waktu waktu kamu untuk jalan terhalangi oleh hujan yang turun. Dari pada ribet ribet memikirkannya, mending baca 7 fakta unik yang terjadi pada hujan pertama setiap musimnya:

1. Munculnya Petrichor



Buat kamu yang belum tahu apa itu petrichor, petrichor adalah salah satu bau alami yang tercium saat hujan turun membasahi tanah yang kering. Istilah petrichor diciptakan dari kosakata Yunani oleh dua ilmuwan Australia, Bear dan Thomas, pada tahun 1964 dalam jurnal ilmiahnya. Bagi kamu yang sedang galau, petrichor bisa menjadi mesin waktu untuk mengenang masa lalu. Hati-hati, ya! Wkwk.

2. Membersihkan udara



Air hujan juga memiliki fungsi untuk membersihkan udara, lho. Coba kamu perhatikan, setelah hujan pertama turun, udara akan menjadi lebih bersih dan segar. Tidak lagi terasa panas dan gerah. Benar, tidak?

3. Tidak baik untuk kesehatan



Air hujan yang turun pertama kali sangat tidak baik untuk kesehatan. Jadi, bila kamu ingin main hujan-hujanan, pastikan 5 menit setelah hujan pertama turun. Selain mengganggu kesehatanmu, hujan pertama yang turun juga bisa merusak rambutmu, lho.

4. Kotor



Bila sebelumnya tanah kering dan berdebu, lalu tiba-tiba tersiram hujan pertama kali, maka akan ada cipratan air lumpur di mana-mana. Hal tersebut akan membuat lingkungan menjadi kotor.

5. Memiliki Kecepatan Rendah



Air hujan pertama yang jatuh ke bumi memiliki kecepatan yang rendah.  Hal ini karena hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan lebih rendah. Bayangkan bila hujan turun dengan kecepatan tinggi, pasti sesampainya di bumi akan banyak kerusakan yang terjadi, ya.

6. Hujan Bisa Menghipnotis



Hujan pertama memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia, yakni dengan meresonansikan ingatan masa lalu. Meski tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, para ilmuwan percaya bahwa di dalam hujan ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu. (Udah, jangan galau merana!)

7. Bentuk Air hujan berubah-rubah



Bentuk air hujan berubah bentuk hingga ratusan kali dalam satu detik. Mulai dari air hujan yang turun pertama hingga nantinya hujan selesai. Bentuk yang biasanya terlihat adalah hampir bulat, semakin besar, maka bentuknya semakin ceper seperti roti hamburger.

Nah, itulah fakta yang terjadi ketika hujan turun. Dimasa kecilmu pasti kamu pernah kan bermain hujan hujan an? Kalau sekarang, masih pernahkah kamu main hujan hujan an? pasti sudah nggak pernah kan. Jika kamu memang kangen dengan main hujan hujan an, kamu bisa melakukannya sekarang, mumpung bulan ini masih musim hujan

sumber : brilio
Top