Kenapa Ada Lubang Kecil di Tiap Jendela Pesawat? Apa Fungsinya? Inilah Jawabannya

Penulis Unknown | Ditayangkan 02 Jan 2016


Pernah naik pesawat? Atau mungkin sudah sering? Namun, pernah tidak kamu memperhatikan jendela pesawat? Jika diperhatikan dengan cermat, setiap jendela pesawat umumnya memiliki sebuah lubang kecil di bagian bawahnya. Mungkin hal ini membuat kita bertanya-tanya. Apa sih fungsi dari lubang tersebut?

Kenapa Ada Lubang Kecil di Tiap Jendela Pesawat? Apa Fungsinya? Inilah Jawabannya

Rupanya, lubang kecil yang terletak di bagian bawah kaca jendela itu adalah sebuah fitur keamanan yang sangat penting.

Dilansir dari Travel and Leisure, lubang kecil tersebut disebut juga dengan 'lubang napas'. Lubang tersebut digunakan untuk mengatur jumlah tekanan yang lewat di antara panel dalam dan luar jendela itu.

Karena jika diperhatikan dengan teliti, kaca pesawat tidak hanya memiliki satu panel, melainkan ada dua hingga lebih sehingga membuat kaca semakin kuat.

Dengan kata lain, kegunaan lubang kecil ini adalah untuk memastikan saat terjadi suatu tekanan dari luar jendela, maka panel luarlah yang akan menanggung tekanan tersebut. Sehingga penumpang masih bisa bernapas dengan baik.

Selain itu, lubang tersebut juga memiliki fungsi untuk membantu kaca terhindar dari embun yang terjebak di antara panel kaca.

Kenapa Ada Lubang Kecil di Tiap Jendela Pesawat? Apa Fungsinya? Inilah Jawabannya

Meski jendela pesawat berlubang, kita tak perlu khawatir. Sebab, lubang napas dengan ukuran kecil itu tidak akan membahayakan penumpang saat panel luar mengalami tekanan udara yang cukup besar.

Di samping itu, lubang tersebut juga tak akan menarik debu ke dalam pesawat karena jendela memiliki panel yang rapat.

Terungkap sudah, itulah fungsi dari lubang kecil yang ada pada jendela pesawat. Pastinya desainer dan pabrik pembuat pesawat sangat memperhatikan detail-detail setiap bagian dalam pesawat. Dan semua itu tentunya demi menjaga keamanan selama pesawat beroperasi.

Sumber : Dream
SHARE ARTIKEL