Akankah MEA Menjadi Peluang Bagimu? Dan Siapkah kamu menghadapi MEA di Tahun 2016? Baca Berikut Ini Untuk Menambah Wawasanmu Tentang MEA

Penulis Unknown | Ditayangkan 06 Jan 2016


MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) telah direncanakan bakal terlaksana pada akhir tahun 2015 lalu oleh para pemimpin ASEAN di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian Negara dikawasan Asia Tenggara dan tentunya Negara Indonesia. Lalu, siapkah kamu menghadapi MEA ini? Berikut adalah hal hal yang perlu kamu tahu seputar MEA

Akankah MEA Menjadi Peluang Bagimu? Dan Siapkah kamu menghadapi MEA di Tahun 2016? Baca Berikut Ini Untuk Menambah Wawasanmu Tentang MEA

1. Apa sih MEA itu?

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) atau dalam bahasa inggris AEC (Asean Economic Community) adalah suatu pasar tunggal hasil kerja sama antar Negara-negara ASEAN dan telah disepakati oleh Negara-negara tersebut. MEA juga menjadi suatu integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan Bebas se ASEAN. Diadakannya MEA ini nantinya akan memungkinkan satu Negara menjual barang atau jasa kepada Negara lain di kawasan Asia Tenggara.

2. Tujuan Dari MEA

MEA dirancang untuk mewujudkan wawasan ASEAN 2020 dan juga bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi hambatan-hambatan dalam melakukan kegiatan ekonomi, misalnya perdangan barang, jasa, dan investasi. Hal ini juga dapat menstabilkan dan meningkatkan perekonomian Negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
Tujuan lainnya yaitu untuk menarik investasi asing untuk menanamkan modalnya di kawasan ASEAN sehingga bisa mengalahkan Cina dan India.

3. Keuntunan diadakannya MEA untuk Indonesia

Untuk menyambut hal ini Indonesia pasti harus mempersiapkan diri karena menjadi suatu jangka baru untuk mengembangkan berbagai kualitas perekonomian di kawasan Asia Tenggara dalam perkembangan pasar bebas.
Keuntungan yang dapat di ambil dibentuknya MEA bagi Indonesia adalah untuk menunjukkan kepada  Negara lain kualitas SDM dan fasilitas Negara kepada Negara lain, sehingga Indonesia bisa lebih diperhitungkan lagi.

Dan gak hanya itu, hambatan dalam perdagangan akan berkurang dan bahkan tidak ada sama sekali. Kerja sama dalam mengekspor barang akan berdampak besar dalam perekonomian Indonesia, karena akan meningkatkan penghasilan bagi Indonesia.

4. Kerugian atau Dampak MEA bagi Indonesia

Indonesia akan mengalamu kerugian dalam menghadapi MEA apabila tidak dapat memanfaatkan hal ini dengan baik, dan tentunya menjadi boomerang bagi Indonesia. Pengeksporan barang akan menjadi dampak yang sangat baik dari dibentuknya MEA, namun bagaimana dengan pengimporan barang?
Persaingan industry lokal dengan industry asing akan mengancam perekonomian Indonesia, karena diberlakukannya pasar bebas di Asia Tenggara ini akan ada banyak sekali barang yang masuk ke Indonesia. Sehingga barang barang produksi lokal akan tersaingi oleh produk luar yang lebih berkualitas, hal inilah yang menjadi penurunan perekonomian di Indonesia.

5. Sisi Investasi

Indonesia masih memiliki tingkat regulasi yang rendah dan kurang mengikat dari sisi investasi, sehingga akan timbul tindakan eksploitasi dalam skala besar terhadap sumber daya alamnya. Sebagai Negara dengan SDA yang melimpah daripada Negara-negara lain, maka Indonesia menjadi incaran eksploitasi bagi Negara asing. Hal ini tidak menutup kemungkinan perusakan ekosistem SDA Indonesia.

6. Keteneagakeerjaan

Diadakannya MEA mendatangkan banyak sekali peluang dalam pekerjaan di berbagai bidang, karena dimudahkannya akses keluar masuk untuk mencari kerja. Jadi, akan banyak sekali lapangan pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja asing disetiap Negara. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai tenaga kerja asing ke Negara tetangga. Begitu pula dengan wirausahawan untuk mencari pekerja terbaik sesuai kriteria yang dibutuhkan.

Namun, siapkah anda apabila bekerja keluar negeri sebagai tenaga kerja asing? Melihat kemampuan berbahasa dan pendidikan di Indonesia masih kurang dan masih terlampau jauh oleh masyarakat dari Negara di Asia Tenggara yang lain yang membuat Indonesia menjadi peringkat ke-4 di ASEAN.

7. Persiapan menghadapi MEA

Indonesia harus melihat kedatangan MEA ini menjadi peluang besar dalam memperbaiki SDM masyarakat Indonesia, karena masyarakat Indonesia kurang dalam hal pendidikan, sikap,  berbahasa inggris, dan pengoperasian komputer. Pemerintah juga harus mampu meningkatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang memadai, serta meberi pengetahua pentingnya MEA bagi masyarakat Indonesia.

Walaupun pemerintah berperan penting dalam kesuksesan MEA, tidak berarti seluruh tanggung jawab kita serahkan ke pemerintah. Justru kita perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya MEA bagi perekonomian Indonesia, sehingga masyarakat juga akan merasakan efek dari MEA itu sendiri.

Nah, itulah hal hal yang perlu kalian ketahui seputar MEA dan dampak bagi masyarakat Indonesia ksususnya. Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kita sebaiknya lebih mencintai produk dalam negeri yang dapat meningkatkan perekonomian Negara kita. Dan  kita perlu meningkatkan pula kualitas belajar dan juga kemampuan berbahasa, sehingga kita bisa memanfaatkan peluang besar ini dengan baik. Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL