Tau Nggak Sih, Gara-gara Video Lucu Inilah Google Akhirnya Membeli YouTube

Penulis Unknown | Ditayangkan 10 Dec 2015


Sebelum kita mengetahui alasan Google membeli YouTube, tak ada salahnya untuk sedikit menelusuri sejarah berdirinya Youtube.

Tau Nggak Sih, Gara-gara Video Lucu Inilah Google Akhirnya Membeli YouTube

Menurut penelusuran Wikipedia, YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

Tau Nggak Sih, Gara-gara Video Lucu Inilah Google Akhirnya Membeli YouTube
Kiri ke kanan: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang merupakan pendiri YouTube

Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar atau setara dengan Rp. 22,8 triliun dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google. Lalu, apa alasan Google hingga akhirnya membeli YouTube?

Kalau bukan karena video lucu ini, mungkin YouTube kini bukanlah milik Google. Cerita ini berawal ini saat Susan Wojcicki salah satu petinggi Google yang kini menjadi CEO Youtube ingin mengembangkan konten video.

Awalnya ia tidak terpikir untuk membeli YouTube. Namun, usai melihat video lucu dua orang pemuda Tiongkok yang menyanyikan lagu "As long as you love me" milik Backstreet Boys secara lip-sync membawa langkah besar Google mengakusisi YouTube dengan nilai yang fantastis yaitu USD 1,65 miliar.

Memang selucu apa sih video tersebut hingga membuat perusahaan raksasa seperti Google tertarik untuk mengambil alih atau membeli YouTube? Penasaran seperti apa videonya yang menjadi salah satu sejarah perkembangan dunia digital ini?

Simak videonya berikut ini.


Sumber youtube : nitroxunit
SHARE ARTIKEL