Tahukah Kamu Kenapa Memar atau Luka Pada Tubuh Sangat Sakit Bila disentuh? Inilah Penjelasannya

Penulis Unknown | Ditayangkan 30 Dec 2015


Ketika tubuh terkena pukulan atau benturan, maka akan timbul memar atau luka pada bagian tubuh tersebut. Seringkali, memar pada tubuh sangat sakit bila disentuh oranglain. Lalu bagaimana cara mengobatinya jika disentuh terasa sakit? Terpaksa mau tidak mau harus diobati agar memar tersebut tidak bertambah parah.

Tahukah Kamu Kenapa Memar atau Luka Pada Tubuh Sangat Sakit Bila disentuh? Inilah Penjelasannya

Memar dalam istilah medis kedokteran disebut dengan Ecchymosis. Saat terkena pukulan atau benturan maka memar akan muncul pada permukaan kulit. Memar tersebut timbulnya berasal dari pembuluh darah yang pecah kemudian darah akan membanjiri daerah yang memar. Hal ini lah yang membuatnya sakit atau ngilu bila disentuh atau di tekan.

Maka memar tersebut akan berwarna merah keungu-unguan yang muncul di bagian tubuh tersebut. Sebenarnya pada hari pertama memar akan tampak berwarna kemerahan atau keungu-unguan dan warna itu sebenarnya adalah warna darah yang ada di dalam kulit. Kemudian setelah beberapa hari, tubuh secara kimiawi akan memecah sel - sel darah tersebut, sehingga bukan sulap bukan sihir memar akan berubah menjadi lebih biru dan ungu.

Warna memar akan berubah ubah dengan sendirinya sampai memar itu membaik. Bahkan setelah enam hari kemudian, memar dapat berubah warna lagi menjadi hijau dan setelah itu, 2 minggu atau bahkan sampai satu bulan akan berubah warna lagi menjadi cokelat kekuningan.Sampai warna kulit berubah menjadi normal dan seperti semula, maka kamu dapat sembuh dengan total.

Tahukah Kamu Kenapa Memar atau Luka Pada Tubuh Sangat Sakit Bila disentuh? Inilah Penjelasannya

Tetapi jika kamu yang terkena memar dan ingin lekas sembuh, kamu bisa mencoba tips dari Wajibbaca yaitu, gunakan air es batu untuk mengompres memar kamu. Agar memarnya cepat hilang, dan gunakan secara rutin ya agar hasilnya maksimal, Semoga artikel ini bermanfaat.


SHARE ARTIKEL