Subhanallah! Ternyata Ada Binatang yang Dapat Mendeteksi Penyakit Kanker, Binatang Apakah Itu?

Penulis Unknown | Ditayangkan 28 Dec 2015


Makhluk hidup diciptakan dengan kelebihan masing masing. Manusia diciptakan dengan segala kelebihannya, begitu juga dengan hewan. Hewan memiliki kelebihan tersendiri, uniknya ada hewan yang bisa seperti dokter. Lucu ya kedengarannya, tapi ini memang benar. Karena ada hewan yang dapat mendeteksi penyakit kanker! Hewan apakah itu?

Subhanallah! Ternyata Ada Binatang yang Dapat Mendeteksi Penyakit Kanker, Binatang Apakah Itu?


Ada hewan dari jenis serangga, sekalian saya sebutkan saja namanya biar kamu gak penasaran, hehe. Serangga itu adalah bernama lebah, yah hewan yang sangat ditakuti oleh manusia karena sengatannya. Tetapi dibalik sengatan jahatnya lebah, ternyata serangga ini mampu mendeteksi kanker pada manusia loh, kok bisa ya? Inilah alasannya.

Indra penciuman yang dimiliki lebah ternyata mencapai 100 kali lebih sensitif daripada hidung manusia. Bahkan lebah mempunyai 170 reseptor bau, bahkan lebah juga mampu mengenali adanya gas metabolic yang dipancarkan oleh sel-sel kanker pada tahap awal penyakit yang terjadi pada manusia.

Para peneliti dari University of Georgia telah menemukan sebuah perangkat di mana lebah dilatih untuk bergerak ke arah bau tertentu. Kemudian denganmenggunakan perangkat lunak komputer  mereka menggunakannya untuk menganalisis gerakan lebah yang menentukan pola bahwa bau telah diidentifikasi dengan hasil positif, sungguh menakjubkan.

Bukan hanya itu, ada juga seorang desainer industri dari Inggris, yang bernama Christina Soares. Orang ini menerapkan pendekatan sertapelatihan perilaku dalam mengembangkan alat yang diciptakan dan dinamakan Bee. Dalam alat kaca tersebut terkandung biomarker penyakit seperti napas pasien, yang nantinya mempermudah kerja Bee untuk mendeteksi penyakitnya. Alat ini juga dapat mengenali penyakit kanker.

Subhanallah! Ternyata Ada Binatang yang Dapat Mendeteksi Penyakit Kanker, Binatang Apakah Itu?

Ada sebuah studi yang diterbitkan di dalam jurnal Nature, para peneliti telah merancang mesin yang mampu meniup bau yang dipancarkan dari lima jenis sel-sel kanker payudara berbeda, bersamaan dengan jaringan payudara manusia yang sehat secara in vitro, di atas area yang berisi lalat.Kemudian dengan menggunakan mikroskop, para peneliti memeriksa pola neon yang terlihat pada antena lalat sebagai reseptor untuk mendeteksi bau.

Dengan begitu lebah dapat mendeteksi penyakit kanker pada manusia, bisa dikatakan lebah merupakan serangga terunik dan ajaib kan. Nah, kalau kamu ingin mencoba menelitinya boleh saja untuk menambah pengetahuan, tapi hati-hati disengat ya, semoga artikel ini bermanfaat.

SHARE ARTIKEL