STOP! 4 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Otak

Penulis Unknown | Ditayangkan 01 Aug 2015



Otak adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Karena otak merupakan pusat kendali sistem syaraf pada manusia. Namun, seringkali secara tidak disadari, ada banyak hal yang sering kita lakukan yang sesungguhnya hal itu bisa merusak kesehatan otak.

STOP! 4 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Otak

Beberapa hal ini mungkin biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, namun ternyata kebiasaan buruk tersebut dapat membuat otak rusak. Ini dia 4 kebiasaan buruk yang dapat merusak otak dan sebaiknya dihentikan mulai saat ini :

1.    Begadang

Ingat dengan lagu bang haji Rhoma Irama yang judulnya begadang? Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Ternyata benar kata bang haji, kalau begadang dapat merusak kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kebiasaan kurang tidur terutama akan merusak sistem yang bekerja di otak. Tidur adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak setelah seharian bekerja dan beraktivitas. Jadi, buanglah anggapan tidur jam 9 malam membuat kamu tampak seperti anak kecil. Justru tidur jam 9 malam dan bangun pagi bisa membuat otak bekerja lebih baik. So, hentikan kebiasaan begadang jika ingin otak tetap sehat.

2.    Merokok

Sepertinya kebiasaan yang satu ini sangat sulit untuk dihentikan, terutama bagi kaum pria. Bahkan diantara pecandu rokok banyak yang bilang, mending nggak makan daripada nggak ngerokok. Ini benar-benar parah. Bahkan gambar-gambar mengerikan pada bungkus rokok pun rasanya tak mereka hiraukan.

Meski mereka sebenarnya merokok itu bisa merusak kesehatan, baik bagi perokok itu sendiri dan bagi perokok pasif yang menghirup asap rook. Tapi, nyatanya kebiasaan itu masih terus dilakukan. Padahal merokok tak hanya mengundang banyak penyakit, seperti kanker paru-paru, ternyata merokok juga mampu membuat otak kehilangan kemampuannya dalam mengingat sesuatu, serta bisa mempercepat penuaan otak. Hii sangat mengerikan bukan?

3.    Stres

Banyaknya masalah yang dihadapi membuat orang menjadi stress. Stres adalah tekanan besar untuk kesehatan, termasuk otak. Ketika stres, organ tubuh yang pertama diserang adalah otak. Ini bisa membuat kinerja otak menjadi kacau.

4.    Bermalas-malasan

Siapa bilang menjadi pengangguran itu enak, cuma ongkang-ongkang kaki, bersantai seharian penuh sambil menonton tv selama berjam-jam. Ini adalah langkah yang paling cerdas dalam hal merusak otak. Kebiasaan ini adalah cara mudah untuk menumpulkan kemampuan otak. So, silahkan bersantai-santai dan duduk berjam-jam di depan tv jika ingin otak cepat rusak.


Yuk, mulai sekarang jalani hidup sehat dengan menghentikan 4 kebiasaan buruk di atas. Ini semua demi kesehatan otak kita agar tetap terjaga, sehingga saat tua nanti kita bisa terhindar dari kepikunan. Ingin tetap mengingat memori indah bersama dengan orang-orang tersayang hingga akhir hayat kan?


SHARE ARTIKEL