Waspadai Beberapa Penyakit yang Sering Menghantui Para Pemudik

Penulis Unknown | Ditayangkan 06 Jul 2015


Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, para umat muslim biasanya bersiap-siap untuk mudik. Ya, mudik merupakan sebuah kegiatan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Mudik biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merantau jauh dari orang tua dan sanak saudara, sehingga momen Idul Fitri digunakan agar bisa berkumpul dan merayakan Hari Kemenangan bersama keluarga di kampung halaman.
Waspadai Beberapa Penyakit yang Sering Menghantui Para Pemudik

Untuk menempuh perjalanan, para pemudik biasanya menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Namun, selama melakukan perjalanan mudik, para pemudik beresiko mengalami kecelakaan karena lalu lintas saat arus mudik biasanya sangat padat.

Tak hanya itu, para pemudik juga beresiko mengalami masalah kesehatan, seperti keracunan makanan, infeksi saluran pernapasan atasan (ISPA), diare, hingga penyakit tidak menular seperti asma, hipertensi, dan diabetes melitus.

Oleh sebab itu, sebaiknya para pemudik diminta untuk memeriksakan diri terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh. Selama perjalanan juga sebaiknya jangan tergoda oleh tawaran orang yang tak dikenal. Hal ini yang diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek beberapa waktu lalu.

Selain itu, para pemudik dihimbau agar jangan sembarangan menyantap setiap makanan di jalur mudik. Pasalnya, makanan tersebut belum terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Disarankan untuk tidak lupa mencuci tangan sehabis beraktivitas. Karena fisik biasanya menurun ketika melakukan mudik, jadi calon pemudik harus dalam keadaan sehat baik sebelum dan ketika mudik.

Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan saat akan mudik. Setidaknya hal tersebut bisa menghindarkan para pemudik dari penyakit saat mudik.

Selamat mudik sobat. Semoga selamat sampai tujuan, tetap dalam keadaan sehat, dan bisa menikmati momen Idul Fitri bersama keluarga dengan bahagia.


SHARE ARTIKEL