Jangan Memakai Baju Baru yang Belum Dicuci, Ini Bahayanya

Penulis Unknown | Ditayangkan 14 Jul 2015



Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi. Di moment itu, biasanya identik dengan memakai baju baru. Di hari yang fitri tersebut, semua orang ingin tampil sebaik mungkin saat berangkat untuk menunaikan sholat Ied maupun saat bergi bersilaturrahmi ke sanak famili.

Sebelum hari itu tiba, biasanya orang-orang disibukkan dengan kegiatan berbelanja baju baru yang nantinya akan dikenakan pada saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, pastikan saat anda memakainya nanti, baju tersebut telah dicuci terlebih dahulu.
Jangan Memakai Baju Baru yang Belum Dicuci, Ini Bahayanya

Meski baju yang baru dibeli dari toko biasanya sudah dalam keadaan rapid an terlihat bersih, sehingga kadang kita berpikir tak perlu untuk mencucinya sebelum memakainya. Namun, untuk apa sebenarnya hal itu dilakukan padahal baju yang kita beli tersebut sudah bersih dan bisa langsung dipakai? Berikut alasannya :

Menurut Donald Belsito, seorang dokter spesialis kulit di Columbia University Medical Center. Menurutnya, semua pakaian baru yang kelihatan bersih sebenarnya tidak begitu bersih.

Baru-baru ini, Belsito mengatakan pewarna dan resin formaldehida yang menghasilkan polimer dapat memicu iritasi kulit atau reaksi alergi pada orang tertentu. Tapi semua itu jauh dari satu-satunya risiko yang lebih menyeramkan.

"Saya telah melihat kasus kutu yang mungkin ditularkan saat pembeli mencoba pakaian di dalam toko. Atau penyakit menular tertentu yang dapat ditularkan melalui pakaian," jelasnya. "Penyakit lain yang saya pernah lihat kasus baju baru adalah kudis."

Kamar ganti atau kamar pas bukan satu-satunya tempat di mana calon pakaian Anda melakukan kontak dengan orang lain. Mulai dari orang yang memproduksinya, yang mengirimnya hingga yang menatanya di rak baju, Anda bisa bayangkan berapa banyak tangan dan bagian tubuh lainnya yang telah menyentuh baju baru tersebut.

Selain itu, Belsito juga mengingatkan bahwa baju baru juga menjadi tempat bertumbuhnya jamur untuk sementara waktu. Jadi, mencuci baju baru sebelum memakainya sangat dianjurkan. Bukan hanya sekali, para dokter biasanya mencuci baju yang baru dibelinya hingga dua kali.

"Dalam hal kebersihan, itu hal yang sangat baik untuk dilakukan. Menjadi dokter kulit, saya telah melihat contoh beberapa hal yang aneh, jadi saya tidak ingin mengambil risiko."

So, sebaiknya cuci terlebih dahulu baju yang baru saja kita beli di toko sebelum memakainya, sehingga kita bisa terhindar dari berbagai resiko penyakit. Dengan memakai baju bersih, badan kita juga terasa lebih bersih dan jauh dari penyakit. Semoga di hari yang fitri nanti kita semua dalam keadaan suci lahir dan bathin…


SHARE ARTIKEL