Inilah Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar

Penulis Unknown | Ditayangkan 13 Jul 2015
Ketika Bulan Ramadhan sudah memasuki 10 malam terakhir. Di antara 10 malam terakhir tersebut, ada 1 malam yang sangat istimewa, yaitu Lailatul Qodar atau Lailatul Al-Qodar (malam ketetapan). Lailatul Qodar merupakan malam yang sangat penting di dalam bulan Ramadhan.

Inilah Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar

Di dalam kitab suci Al Quran malam Lailatul Qodar ini digambarkan lebih baik dari seribu malam yang pernah ada. Bahkan, jika pada saat malam Lailatul Qodar tersebut kaum muslim melantunkan doa, maka doa tersebut akan terkabulkan. Oleh sebab itu, hampir seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan malam itu dengan memperbanyak ibadah.

Namun, banyak yang bertanya-tanya, kapan sebenarnya malam Lailatul Qodar itu datang? Adakah pertanda yang mengisyaratkan datangnya malam Lailatul Qodar tersebut? Untuk menjawab semua itu, simak ulasan berikut ini :

Inilah tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qodar di Bulan Ramadhan

1. Udara dan suasana pagi terasa sangat tenang

Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rosullulah SAW bersabda. Lailatul Qodar adalah malam yang sangat lembut, tidak begitu panas, tidak begitu dingin dan di pagi harinya pun matahari muncul bersinar sangat lemah kemerah-merahan (HR. Ath Thoyalisi)

2. Cahaya matahari lemah, tapi tidak bersinar pada keesokan harinya

Tanda malam Lailatul Qodar selanjutnya adalah matahari muncul ketika pagi hari tanpa bersinar cukup terang dan berbeda dengan hari-hari sebelumnya. seperti yang tercantum di dalam sabda Rasullulah SAW dimana matahari pada keesokan harinya setelah malam Lailatul Qodar akan menjulang sangat tinggi. namun matahari tersebut tidak akan bersinar mamanasi bumi, melainkan hanya mengeluarkan sinar lembut dan lemah.

3. Terkadang terbawa ke dalam mimpi

Tanda ketiga munculnya malam penuh berkah ini adalah terkadang terbawa ke alam mimpi. Memang sebenarnya hanya sebagian yang merasakan tanda ketiga ini. akan tetapi para sahabat Nabi Muhammad SAW hampir semuanya mendapatkan malam Lailatul Qodar melalui mimpi ketika mereka terlelap tidur.

4. Bulan nampak separuh bulatan

Saat Abu Hurairroh berdiskusi mengenai tanda datangnya malam Lailatul Qodar disamping Nabi Muhammad SAW. Kemudian sang Rasullulah SAW berkata bahwa tanda malam penuh keberkahan ini adalah bulan terlihat separuh nampan atau bulatan.

5. Udara dan angin terasa sangat tenang

Malam Lailatul Qodar di dalam Al-Qur’an digambarkan dengan malam yang penuh berkah dan ketenangan. Semua malam akan sangat berbeda ketika memasuki malam Lailatul Qodar ini. karena saat malam penuh berkah ini suasana tenang, udara terasa sangat sejuk, tidak panas, tidak dingin, tidak hujan dan tidak ada pelemparan bintang (meteor). Bahkan suansana di dalam sebuah anggota keluarga akan sangat terasa nyaman sekali, tidak sama dengan malam-malam sebelumnya di bulan Ramadhan.


6. Datang di hari yang ganjil

Dari HR Bukhari Muslim, Rasullulah pernah bersabda bahwa malam Lailatul Qodar akan jatuh pada hari ganjil dari sepuluh hari bulan Ramadhan yang terakhir. Ini berarti malam Lailatul Qodar akan jatuh satu minggiu terakhir di bulan Ramadhan.

Itulah tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qodar. Semoga kita semua bisa mendapatkan malam itu, karena malam Lailatul Qodar lebih baik dari seribu bulan, dan Insya Allah di malam itu semua doa yang kita panjatkan akan terkabul. Amiin yaa Robbal Alamiin…
SHARE ARTIKEL