Fenomena Bluemoon Malam Ini

Penulis Anonim | Ditayangkan 31 Jul 2015

Fenomena Bluemoon Malam Ini

Agan Sista yang berbahagia. Bagi yang udah punya pacar maupun belum (tapi nasib amat idup ente, hehe..). Malam ini bakalan ada yang namanya fenomena Bluemoon alias bulan biru.
Bluemoon sendiri sebenarnya adalah istilah untuk bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan. Di bulan Juli ini, bulan purnama pertama sudah terjadi tanggal 2 kemarin, dan bulan purnama kedua akan terjadi nanti malam.
Biasanya, fenomena Bluemoon ini bakalan terjadi setiap 2-3 tahun sekali. Berdasarkan data dari Earthsky.org, Bluemoon terakhir terjadi tanggal 31 Agustus 2012 lalu.
Lalu, apakah nanti malam bulan akan benar-benar memiliki sinar berwarna Biru? Sayang banget gan, sinar bulan nggak seperti harapan. Kita bakalan ngeliat Bulan purnama penuh dengan warna kuning seperti biasanya.
Akan tetapi, Bulan bersinar dengan warna biru bisa saja terjadi, meskipun sangat langka. Earthsky.org, fenomena ini tidak bisa diprediksi kemunculannya.
Alasannya, warna biru dari cahaya Bulan terjadi akibat kondisi langit. Cahaya bulan yang berwarna kuning akan berubah menjadi biru saat melewati partikel debu di angkasa. Semakin banyak debu yang ada, kesempatan sinar Bulan untuk menjadi biru semakin tinggi.
Tapi tenang aja gan, debu luar angkasa gak bikin mata ente kelilipan kok. Hehehe..
Oleh sebab itu, Ente sebaiknya tetep berusaha mengamati Bluemoon nanti malam, karena bisa jadi bakalan ada banyak debu yang beterbangan di angkasa dan bikin bulan bersinar biru.
SHARE ARTIKEL