Bacaan Doa Menangkal Penyakit Seperti Virus Corona

Penulis Taufiq F | Ditayangkan 04 Mar 2020

Bacaan Doa Menangkal Penyakit Seperti Virus Corona

Obat corona virus - Image from intisari.grid.id

Masuknya virus corona di Indonesia membuat kita harus lebih waspada.

Walau sebelumnya dikabarkan tidak ada obat atau vaksin yang terbukti bisa ampuh melawan virus corona Covid-19 yang terbaru ini, namun kabar gembira datang dari WHO yang mengabarkan bahwa ada obat atau vaksin yang dapat melawan virus corona, walau begitu memang ada baiknya mencegah daripada mengobati. 

Heboh kasus virus corona masuk di Indonesia ini meningkatkan rasa waspada, banyak yang bertanya-tanya apakah sudah ada obat atau vaksin untuk menangkal virus mematikan asal Wuhan, China ini?

Jika berdasarkan penjelasan CNN, hingga saat ini masih belum ada obat atau vaksin yang terbukti bisa melawan virus corona Covid-19.

Walaupun demikian, badan kesehatan dunia (WHO) pada akhir pekan kemarin mengumumkan bahwa pemerintah dan perusahaan farmasi di seluruh dunia sedang mengembangkan vaksin dan obat untuk melawan virus corona tersebut.

Ada lebih dari 20 calon vaksin virus corona yang sedang dikembangkan di seluruh dunia. Namun, tampaknya pengembangan vaksin-vaksin tersebut memerlukan waktu setidaknya satu tahun sebelum rampung dan bisa didistribusikan ke seluruh dunia.

Tapi jangan khawatir ada kabar baiknya, yaitu sudah ada beberapa jenis pengobatan virus corona yang mulai memasuki tahap pengujian klinis. Berikut penjelasannya:

1. Obat Remdesivir, obat antivirus

Remdesivir, menurut WHO, adalah obat yang menunjukkan tanda-tanda bisa membantu penderita atau pengidap virus corona.

"Hanya ada satu obat saat ini yang menurut kami benar-benar manjur dan itu adalah remdesivir," kata Bruce Aylward, asisten direktur jenderal WHO dalam sebuah jumpa pers di Beijing, China pekan lalu.

Walaupun demikian, masih perlu dicatat bahwa Remdesivir adalah sebuah obat eksperimental yang tadinya dites ke manusia untuk mengobati virus Ebola. Sayangnya untuk Ebola, obat ini tidak manjur.

Remdesivir adalah obat yang diciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan farmasi bioteknologi Amerika Serikat, Gilead Sciences.

Gilead Sciences menginformasikan bahwa remdesivir saat ini sedang diuji di beberapa fasilitas kesehatan dunia. Di Amerika Serikat, obat ini akan diuji pada seorang warga yang terjangkit virus corona yang terinfeksi di kapal pesiar Diamond Princess, Jepang waktu lalu.

Sedangkan untuk di Asia, remdesivir ini akan diujikan kepada kurang lebih 1000 pasien selain itu uji coba ini, akan mulai berlangsung pada Maret jelas Gilead Sciences.

2. Obat HIV

Obat ini telah diuji dokter-dokter di seluruh dunia, terutama di Thailand dan China, mereka telah mengkombinasikan obat HIV dengan obat flu yang digunakan untuk melawan virus corona. Sayangnya, hasil pengobatan ini belum banyak dilaporkan.

Walaupun demikian masih ada harapan untuk pengobatan jenis ini. Hal ini disebabkan karena virus corona dan HIV sama-sama virus RNA yang memiliki RNA sebagai materi genetiknya.

Dari kombinasi obat HIV ini juga telah sukses mengobati pasien yang terinfeksi SARS pada 2002 - 2004 silam. Seperti yang kita pahami bahwa SARS juga disebabkan oleh virus corona namun jenis lain.

Selain Obat ada 3 Vaksin yang Juga Ampuh Melawan Corona

Sejumlah perusahaan besar yang ada di dunia telah mengembangkan beberapa calon vaksin untuk menangkal virus corona. Pengembangan vaksin untuk virus corona ini sendiri tergolong cepat. Sebagai pembanding, uji coba vaksin ke manusia ini telah dicoba saat SARS merebak dan butuh waktu 20 bulan.

Berikut beberapa kandidat vaksin virus corona:

1. Vaksin Moderna
Perusahaan farmasi AS, Moderna, telah bereksperimen dan sudah mengirim vaksin eksperimental mereka ke Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional. Dari tes klinis untuk calon vaksin ini akan mulai digelar pada bulan April mendatang. Tes ini butuh dua bulan agar rampung dengan baik dan sempurna.

2. Vaksin Novavax dan Inovio
Terdapat dua perusahaan besar farmasi AS, mereka juga sudah mengembangkan kandidat vaksin untuk virus corona. Dari tes klinis untuk calon vaksin ini rencananya mulai digelar pada Mei atau Juni mendatang. Masih lama ya…..

3. Beberapa pihak dan perusahaan farmasi besar lainnya yang juga sedang mengembangkan vaksin virus corona: Clover, perusahaan farmasi dari China dan GlaxoSmithKline dari Inggris; Institut Riset Biologis, Israel; perusahaan farmasi AS, Johnson & Johnson; dan Institut Penyakit Menular Jepang.

Selain obat yang telah dijelaskan diatas, ada obat yang tak kalah mujarab dan ampuhnya juga yaitu dengan doa.

Doa adalah permohonan kepada Sang pencipta, dengan berdoa kita memohon agar selalu dihindarkan dari segala penyakit, marabahaya dan gangguan setan. Terdapat beberapa doa yang dapat anda amalkan sebagai penangkal dari segala penyakit termasuk virus corona ini.

Sholawat Tibbil Qulub, Doa Mencegah Sakit Termasuk Virus Corona

Sholawat Tibbil Qulub adalah shalawat yang bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran. Selain itu sholawat ini juga sebagai amalan agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari segala macam penyakit.

Dengan membaca sholawat merupakan bentuk kecintaan kita sebagai umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. 

Sholawat ini juga merupakan harapan dan doa agar kelak mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari akhir nantinya.

Sholawat Tibbil Qulub, juga merupakan amalan yang diyakini sebagai doa agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit hati termasuk penyakit corona yang sekarang ini sedang menyerang di beberapa negara termasuk Indonesia baru-baru ini.

Berikut lafal Sholawat Tibbil Qulub:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya."

Virus corona tidak mudah menyerang kita selagi kondisi tubuh sedang fit, sehingga kita harus tetap menjaga kesehatan dan menjaga pola makan serta tidak lupa selalu mengamalkan doa diatas.

Tonton Video Bacaan Doa Menangkal Virus Corona ini

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb