Peribahasa Adalah : Berikut Pengertian dan Contohnya

 25 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Peribahasa Adalah : Berikut Pengertian dan Contohnya

Ilustrasi peribahasa buku adalah jendela dunia - Image from pixabay.com

Peribahasa adalah. Kalian pasti sering mendengar tentang peribahasa, peribahasa adalah sebuah ungkapan untuk menyatakan suatu maksud.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang penuh akan makna. Seiring dengan berkembangnya pendidikan sastra, bahasa Indonesia tak luput menjadi salah satu bahasa yang banyak dikenal oleh dunia dengan jutaan peminat yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu materi yang banyak dipelajari dalam bahasa Indonesia adalah peribahasa.

Apakah peribahasa itu? Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang peribahasa, simak baik baik ya..

Pengertian Peribahasa

Menurut wikipedia Indonesia, peribahasa adalah ayat atau kelompok kata yang mempunyai susunan yang tetap dan mengandung aturan dasar dalam berperilaku. Jika peribahasa berupa ungkapan yang sangat baik, maka disebut dengan istilah aforisme.

Peribahasa disebut juga dengan pepatah, yang diartikan sebagai ungkapan secara tak langsung serta mempunyai makna tersirat dalam penyampaian suatu hal, dimana hal tersebut harus bisa dipahami pendengar dan pembacanya.

Jadi bisa kita simpulkan peribahasa-adalah kelompok kata atau kalimat yang memiliki maksud dan makna tertentu terkait dengan keadaan seseorang atau kelakuan dan hal tentang seseorang tersebut.

Peribahasa Indonesia mempunyai ciri khusus dan struktur yang tidak tetap. Akan tetapi kata yang ada di dalamnya tidak dapat diubah. Pada umumnya pepatah Indonesia digunakan untuk tujuan menyindir dan memperindah bahasa.

Kata-kata dari peribahasa Indonesia begitu enak didengar dan juga sangat teratur, hal ini dibentuk berdasarkan pandangan hingga perbandingan pada alam sampai peristiwa yang dekat dengan masyarakat. Karena alasan tersebut, maka tak heran jika pepatah sangat melekat dengan masyarakat hingga turun-temurun. 

Baca Juga : Ngakak 50 Peribahasa Versi Lelucon yang Bikin Kamu Ngga Berhenti Ketawa

Jenis-Jenis Peribahasa

Peribahasa Indonesia mempunyai beragam jenis, diantaranya yaitu :

1. Bidal

Bidal disebut juga dengan pameo, yaitu pepatah dengan kandungan isi berupa ungkapan ejekan, sindiran hingga peringatan. Contoh peribahasa pameo misalnya adalah "malu bertanya,sesat di jalan" yang berarti jangan takut bertanya ketika tidak tahu sehingga hidup menjadi terarah.

Baca Juga : Kata Sindiran untuk Orang Sombong yang Halus Tapi Bisa Menusuk Perasaan

2. Pepatah

Jenis pepatah adalah peribahasa yang memiliki makna sebagai nasihat dan ajaran. Biasanya pepatah berasal dari orang tua zaman dahulu yang biasanya dipakai untuk mematahkan lawan bicaranya. Contoh peribahasa jenis pepatah misalnya "bagai bumi dan juga langit" yang artinya adalah perbedaan yang amat sangat jauh.

3. Perumpamaan

Perumpamaan adalah jenis peribahasa yang mempunyai makna sebagai kata ungkapkan kondisi dan kelakuan seseorang sehingga dapat diambil perbandingannya dari alam sekitarnya. Perumpamaan biasanya diawali dengan kata “bak”, “bagai” dan lain sebagainya. Contoh perumpamaan misalnya "bagai pinang dibelah dua" yang mempunyai arti sama persis dimana bisa ditujukan kepada orang ataupun bisa juga kondisi.

4. Ungkapan

Ungkapan adalah jenis peribahasa yang mempunyai makna sebagai kalimat kiasan terkait keadaan dan juga kelakuan seseorang. Biasanya ungkapan dinyatakan dengan beberapa kata. Contoh dari ungkapan misalnya "besar kepala" yang mempunyai makna sombong.

5. Tamsil

Tamsil adalah jenis peribahasa berupa kalimat kiasan, yang mana bertujuan sebagai pembanding sesuatu hal ataupun perkara. Contoh tamsil adalah "tua-tua keladi" yang mempunyai arti makin tua makin menjadi.

6. Semboyan

Semboyan adalah jenis peribahasa berupa kumpulan dari kata, kalimat hingga frasa yang biasanya digunakan sebagai prinsip hingga pedoman. Contoh semboyan misalnya "hemat pangkal kaya" yang mempunyai arti berhemat bisa menjadikan seseorang kaya.

Contoh Peribahasa

Berikut peribahasa adalah dan contohnya :

1. Peribahasa "buku adalah jendela dunia"

Buku adalah jendela dunia. Berarti dengan membaca buku, seseorang akan mempunyai ilmu yang banyak karena dari buku seseorang akan bisa melihat dunia luar meskipun tidak pernah pergi kesana. Dengan membaca buku, maka dapat memperluas pengetahuan seseorang.

Cari tahu tentang peribahasa lainnya disini :
1. Rumput Tetangga Lebih Hijau, Mengapa Bisa Begitu? Ini Alasannya!
2. Inilah Penjelasan Mengenai Pribahasa "Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk Laki-laki".

2. Peribahasa "mulutmu adalah harimaumu"

Mulutmu adalah harimaumu. Mempunyai arti segala perkataan yang terlanjur diucapkan apabila tidak dengan berhati-hati, atau dipikirkan terlebih dahulu dapat merugikan diri sendiri.

Jadi seseorang bisa selamat atau juga celaka karena ucapan yang berasal dari mulutnya. Sehingga kita harus berhati-hati dengan ucapan kita, apakah akan menyakiti lawan bicara, atau membawa bencana bagi kita.

3. Peribahasa "pembeli adalah raja"

Pembeli adalah raja. Mempunyai arti pembeli bak raja yang harus dilayani dengan baik, penjual harus menyediakan dagangan yang terbaik untuk pembeli agar pembeli puas dan kembali lagi untuk membeli barang si penjual.

Demikian artikel tentang pengertian peribahasa, dan contohnya ini. Semoga bermanfaat.