Hikmah Surat Al-Fatihah

 30 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Hikmah Surat Al-Fatihah

Ilustrasi surat Al-Fatihah - Image from www.sayidqutub.com

Hikmah Al Fatihah. Selain sebagai bacaan surat wajib dalam shalat, Al-Fatihah juga mempunyai banyak keutamaan lainnya.

Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Qur'an, oleh karenanya Al-Fatihah disebut juga dengan Ummul Qur'an. Al-Fatihah merupakan bacaan wajib saat shalat yaitu ketika selesai membaca takbiratul ihram, bacaan Al-Fatihah juga seringkali digunakan dalam mukadimah suatu majelis Islami.

Adapun dalil bahwasanya Al-Fatihah disebut Ummul Quran adalah,

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ يَقْرَأْ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهْىَ خِدَاجٌ – ثَلاَثًا – غَيْرُ تَمَامٍ ». فَقِيلَ لأَبِى هُرَيْرَةَ إِنَّا نَكُونُ وَرَاءَ الإِمَامِ. فَقَالَ اقْرَأْ بِهَا فِى نَفْسِكَ فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « قَالَ اللَّهُ تَعَالَى قَسَمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ ( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ). قَالَ اللَّهُ تَعَالَى حَمِدَنِى عَبْدِى وَإِذَا قَالَ (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ). قَالَ اللَّهُ تَعَالَى أَثْنَى عَلَىَّ عَبْدِى. وَإِذَا قَالَ (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ). قَالَ مَجَّدَنِى عَبْدِى – وَقَالَ مَرَّةً فَوَّضَ إِلَىَّ عَبْدِى – فَإِذَا قَالَ (إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ). قَالَ هَذَا بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ ). قَالَ هَذَا لِعَبْدِى وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ ».

Artinya : Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa yang shalat lalu tidak membaca Ummul Qur’an (yaitu Al Fatihah), maka shalatnya kurang (tidak sah) -beliau mengulanginya tiga kali-, maksudnya tidak sempurna.”

Maka dikatakan pada Abu Hurairah bahwa kami shalat di belakang imam.

Abu Hurairah berkata, “Bacalah Al Fatihah untuk diri kalian sendiri karena aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku membagi shalat (maksudnya: Al Fatihah) menjadi dua bagian, yaitu antara diri-Ku dan hamba-Ku dua bagian dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta. Jika hamba mengucapkan ’alhamdulillahi robbil ‘alamin (segala puji hanya milik Allah)’, Allah Ta’ala berfirman: Hamba-Ku telah memuji-Ku. Ketika hamba tersebut mengucapkan ‘ar rahmanir rahiim (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)’, Allah Ta’ala berfirman: Hamba-Ku telah menyanjung-Ku. Ketika hamba tersebut mengucapkan ‘maaliki yaumiddiin (Yang Menguasai hari pembalasan)’, Allah berfirman: Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku. Beliau berkata sesekali: Hamba-Ku telah memberi kuasa penuh pada-Ku. Jika ia mengucapkan ‘iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan)’, Allah berfirman: Ini antara-Ku dan hamba-Ku, bagi hamba-Ku apa yang ia minta. Jika ia mengucapkan ‘ihdiinash shiroothol mustaqiim, shirootolladzina an’amta ‘alaihim, ghoiril magdhuubi ‘alaihim wa laaddhoollin’ (tunjukkanlah pada kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan jalan orang yang sesat), Allah berfirman: Ini untuk hamba-Ku, bagi hamba-Ku apa yang ia minta.”
(HR. Muslim no. 395).

Al-Fatihah mempunyai banyak keutamaan bagi pembacanya, lalu apa saja keutamaan tersebut? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang hikmah Al-Fatihah.

Baca Juga : Begini Alasan Mengapa Dinamakan Surat Al-Fatihah, Sungguh Tak Terduga!

Hikmah Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah termasuk golongan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di Makkah, surat ini terdiri dari 7 ayat. Terdapat banyak sekali rahasia dan hikmah Al-Fatihah, hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut :

الفاتحة لما قرئت له

Artinya: "Jika kita punya suatu hajat apapun, surah Al-Fatihah bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut".

Surat Al-Fatihah merupakan surat yang paling mulia,

Abu Sa’id Rafi’ bin Al Mu’alla radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padaku,

أَلاَ أُعَلِّمُكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِى الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ تَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ » . فَأَخَذَ بِيَدِى فَلَمَّا أَرَدْنَا أَنْ نَخْرُجَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ قُلْتَ لأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ مِنَ الْقُرْآنِ . قَالَ ( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ) هِىَ السَّبْعُ الْمَثَانِى وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِى أُوتِيتُهُ »

Artinya : “Maukah aku ajarkan engkau surat yang paling mulia dalam Al Qur’an sebelum engkau keluar masjid?”

Lalu beliau memegang tanganku, maka ketika kami hendak keluar, aku berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau mengatakan, “Aku akan mengajarkanmu surat yang paling agung dalam Al Qur’an?”

Beliau menjawab, “Alhamdulillahi rabbil ‘alamin (segala puji bagi Allah Rabb semesta alam) dan Al Qur’an Al ‘Azhim (Al Qur’an yang mulia) yang telah diberikan kepadaku.”
(HR. Bukhari no. 5006)

Diantara hikmah yang terdapat dalam Surat Al-Fatihah adalah :

  1. Dengan membaca surat Al-Fatihah, maka kita akan mendapat pahala seperti halnya membaca sepertiga Al-Qur'an .

  2. Orang yang membaca Al-Fatihah seperti halnya ia telah menyedekahkan emas di jalan Allah SWT.

  3. Orang yang membaca Al-Fatihah seperti halnya ia telah membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, Al-Quran, Suhuf Nabi Idris AS., dan Suhuf Nabi Ibrahim AS. sebanyak masing-masing tujuh kali.

  4. Setiap satu ayat dari Al-Fatihah akan menjadi penutup satu pintu neraka bagi pembacanya.

    Baca Juga : Wahai Bunda Jangan Biarkan Orang Lain yang Mengajarkan Al Fatihah untuk Anakmu, Karena ini Alasannya

  5. Amalkan secara rutin membaca Al-Fatihah sebanyak 70 kali di setiap hari dalam keadaan suci telah berwudhu, kemudian tiupkan pada air lalu minumlah selama tujuh hari. Maka insya Allah akan mudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Selain itu juga dapat mengontrol hati dan pikiran dari hal-hal yang dapat merusaknya.

  6. Amalkan secara rutin membaca Al-Fatihah ketika hendak tidur, kemudian lanjutkan dengan membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas, insya Allah tidur akan aman tentram dan juga terjauh dari gangguan syaitan.

  7. Bagi mereka yang mempunyai hajat baik, misalnya seperti untuk mendapatkan kenaikan pangkat, untuk mendapatkan rezeki, untuk bisa menyelesaikan hutang , untuk menyembuhkan penyakit , atau agar anak menjadi soleh-solehah dan berbagai hajat baik lainnya, maka hendaklah ia memohon kepada Allah SWT dengan membaca Al-Fatihah sebanyak 41 kali setiap hari. Adapun waktunya adalah diantara shalat sunnah Subuh dan shalat fardhu Subuh. Amalkan doa ini sampai 40 hari, insya Allah hajat kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

  8. Amalkan secara rutin membaca Al-Fatihah sebanyak 20 kali setiap selesai sholat fardhu , maka insya Allah akan memperoleh rezeki yang lancar , pangkat yang baik, dan juga akhlak yang baik. Selain itu juga bisa mempermudah urusan hidup, dan keluarga kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

    Baca Juga : Tak Banyak yang Paham, Hukum Makmum Membaca Al-Fatihah Ketika Imam Masih Membaca Surah. Berikut Penjelasan Al-Qur'an dan Hadist

  9. Mengamalkan secara rutin membaca Al-Fatihah, dapat membuka pintu rezeki yang luas dan juga mempermudah segala urusan hidup serta terhindarkan dari segala kesulitan. Caranya adalah amalkan membaca Al-Fatihah sebanyak 41 kali saat makan sahur, insya Allah akan dimakbulkan oleh Allah SWT.

  10. Setengah dari ulama menganjurkan untuk membaca Al-Fatihah sebanyak 40 kali setiap selesai sholat Maghrib dan sunnahnya. Maka insya Allah hajatnya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

  11. Dianjurkan untuk mengamalkan membaca Al-Fatihah sebanyak 41 kali , insya Allah bisa mengobati beberapa penyakit misalnya sakit mata, sakit gigi , sakit perut dan lain sebagainya.

  12. Barangsiapa yang mengamalkan bacaan Al-Fatihah diwaktu sahur saat tengah malam sebanyak 41 kali, maka Allah SWT akan membukakan pintu rezekinya dan memudahkan urusannya tanpa kepayahan dan juga kesulitan.

  13. Rumah yang dibacakan surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas secara rutin tidak akan ditimpa kefakiran dan akan dikaruniai banyak kebaikan.

  14. Membaca Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas sebelum tidur akan mendapatkan keamanan dari apapun kecuali dari maut.

Demikian artikel tentang hikmah surat Al-Fatihah ini, semoga bermanfaat.