Lafadz Doa Sebelum Minum Obat Arab Beserta Latin dan Artinya

 16 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Sebelum Minum Obat Arab Beserta Latin dan Artinya

Ilustrasi obat - Image from pixabay.com

Kesehatan merupakan karunia dari Allah yang sangat berharga yang patut kita syukuri. Kita bisa melihat di rumah sakit banyak orang sakit, dan juga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Ketika kita sakit, baik sakit biasa maupun sakit keras, kita pasti merawat diri dengan menjaga pola makan dan juga dengan meminum obat.

Obat adalah benda atau zat yang dapat digunakan untuk merawat penyakit, meredakan atau menghilangkan gejala sakit. Dalam islam, kita dianjurkan untuk berdoa di setiap kegiatan kita, salah satunya adalah ketika meminum obat. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa minum obat.

Doa Sebelum Minum Obat

Sakit datangnya adalah dari Allah SWT, hal ini bisa dikatakan sebagai cobaan dari-Nya untuk membuat kita mendekat pada-Nya. Allah berfirman dalam Q.S Al-An'am ayat 42

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا إِلَىٰ أُمَمٍ مِنْ قَبْلِكَ فَأَخَذْنَاهُمْ بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ

Artinya : "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat yang sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri".

Dari ayat diatas, kita dapat mengetahui bahwa Nabi dan Rasul pun juga merasakan sakit. Ketika kita sakit, kita dianjurkan untuk bersabar dengan cara berdoa dan juga berusaha meredakan sakit tersebut dengan meminum obat. Ketika minum obat pun kita juga dianjurkan untuk membaca doa, berikut lafadz doa sebelum minum obat :

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

BISMILLAAHISY SYAAFII BISMILLAHIL KAAFII BISMILLAAHIL MU'AAFII BISMILLAAHIL LADZII LAA YADLURRU MA'ASMIHI SYAI-UN FIL ARDLI WALAA FIS SAMAA-I WA HUWAS SAMII'UL 'ALIIMU

Artinya : "Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik dibumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Hal yang harus kita ingat bahwa selagi kita diberi kesehatan oleh Allah SWT, kita harus memanfaatkannya dengan maksimal dengan cara memperbanyak ibadah dan beramal baik. Namun bukan berarti orang yang taat beribadah dan selalu beramal baik akan terhindar dari sakit. Nabi dan Rasul pun terkena sakit, maka sangat tidak mungkin jika kita manusia biasa tidak terkena sakit.

Ketika sakit, sebaiknya kita tidak bermalas-malasan, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa dan ibadah, baca tata caranya disini :
1. Doa Ketika Sakit Seperti yang Telah Diamalkan Rasulullah
2. Doa Sakit Gigi dan Sakit Gusi yang Mujarab dari Rasulullah

Rahasia di Balik Diberinya Sakit​

Hanya Allah lah pemberi sakit dan juga penghilang sakit, jika kita pergi ke dokter atau tabib, mereka hanya perantara saja. Oleh karena itu, selain berusaha dengan cara meminum obat kita juga harus senantiasa berdoa, agar Allah menyegerakan untuk mengangkat sakit tersebut.

Ketika sakit, sesungguhnya Allah memberi banyak sekali manfaat atau pelajaran pada kita semua, diantaranya adalah :

1. Menjadi kebaikan bagi orang yang bersabar

Sakit akan menjadi sebuah kebaikan bagi seorang muslim jika ia dapat bersabar ketika diberi cobaan sakit. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW berikut :

“Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya. (HR. Muslim)

2. Menjadi penghapus dosa

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW,
”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya. (HR. Muslim)

3. Menjadi penyelamat dari siksa api neraka

Rasulullah SAW bersabda,
”Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan menghapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi. (HR. Muslim)

Sakit juga merupakan rezeki, baca selengkapnya disini : Bukan Musibah ataupun Cobaan, Sakit itu Rezeki, Berikut 3 Alasannya

4. Menjadi pengingat

Adapun sakit merupakan pengingat bagi hamba Allah atas perbuatan lalainya. Jadi kepada orang yang sedang ditimpa cobaan berupa sakit, seharusnya jangan memaki ataupun nelangsa atas sakit tersebut. Hal yang harus kita percayai bahwa Allah memberi kita sakit untuk mengingatkan kita agar tidak berbuat lalai.

5. Menjadi hikmah

Dibalik cobaan berupa sakit sesungguhnya terdapat berbagai hikmah yang dapat kita ambil. Kita juga harus mengingat bahwa cobaan sakit merupakan bentuk kasih sayang Allah pada kita semua, Rasulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya Allah ta’ala jika mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberi mereka cobaan.” (HR. Tirmidzi, shohih).

Demikian artikel tentang doa sebelum minum obat ini, semoga bermanfaat.