Tips Bersihkan Rumah, Agar Terbebas Dari Hantavirus

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 28 Apr 2020

Tips Bersihkan Rumah, Agar Terbebas Dari Hantavirus

Ilustrasi hantavirus - Image from katadata.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Apalagi rumah kita yang kotor dan banyak barang-barang menumpuk tak terpakai yang sering jadi sarang tikus, untuk itu harus menjaga rumah agar tetap bersih agar terbebas dari hantavirus.

Tikus termasuk binatang yang paling ditakuti dan dianggap menjijikkan oleh banyak orang.

Selain sebagai hewan pengganggu, hewan pengerat ini juga bisa menyebabkan banyak penyakit, antara lain Leptospirosis, Salmonellosis, Rat Bite Fever, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, tikus juga diketahui sebagai pembawa hantavirus. Hantavirus atau Hantavirus Pulmonary Syndrome merupakan penyakit pernapasan yang sangat parah hingga bisa mengakibatkan kematian.

Seperti peristiwa penularan Hantavirus yang pertama kali ditemukan di Cina pada Senin (23/3) lalu. Seorang laki-laki meninggal dunia setelah dirinya positif terinfeksi Hantavirus.

Nah, sebelum virus ini masuk ke Indonesia, sebaiknya kita hilangkan dulu penyebabnya. Berikut cara-cara membasmi tikus yang bisa kita praktekkan di rumah:

1. Pakai deterjen

Nggak cuma buat mencuci baju saja lho, ternyata deterjen juga ampuh untuk membasmi tikus.

Caranya mudah, cukup campur dua sendok deterjen dengan seperempat gelas air dan dua cangkir amonia dalam mangkuk. Tempatkan campuran tersebut pada tempat dimana tikus sering muncul.

Ramuan ini akan membuat tikus merasa tidak nyaman karena hewan ini tidak tahan dengan bau amonia.

Baca Juga: Geram Dilaporkan karena Tetap Gelar Tarawih, Warga Geruduk Rumah Pelapor

2. Minyak peppermint

Nggak cuma amonia, tikus juga paling tidak tahan dengan bau peppermint.

Jika Anda ingin membunuh tikus secara alami dengan bahan rumahan, maka cukup celupkan bola kapas ke dalam minyak peppermint dan taruh kapas ini di dekat lubang tikus.

Bau mint itu sendiri akan mengecilkan paru-paru tikus dan dianggap bisa membunuh hewan ini.

3. Kapur barus

Selain bisa membasmi kecoa, semut, juga sebagai pengharum lemari, kapur barus juga dipercaya ampuh untuk mengusir tikus. Caranya simpel, cukup letakkan beberapa kapur barus di tempat yang sering dilintasi oleh tikus.

Hindari menempatkan kapur barus di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak, sebab ini sangat berbahaya jika mereka memasukkannya ke dalam mulut.

Sebaiknya, jangan memegang kapur barus dengan tangan kosong, ya! Gunakan sarung tangan agar lebih aman dan selalu ingat untuk mencuci tangan setelah memegang bahan ini.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Cepat Mati di Iklim Tropis, ini Pesan Presiden Jokowi

4. Potongan rambut

Anda mungkin tak percaya jika potongan rambut mampu membasmi tikus, tapi perlu Anda tahu bahwa tikus nggak tahan melihat rambut manusia.

Alasannya karena tikus biasanya cenderung menelan rambut, yang mana benda ini bisa membunuhnya. Jadi tak heran jika gumpalan rambut menjadi cara efektif untuk mengusir tikus.

Cukup potong beberapa helai dan letakkan ke dalam lubang tikus, atau di tempat yang paling sering mereka kunjungi.

5. Irisan bawang bombay

Selain minyak peppermint, bawang juga merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus.

Bau bawang bombay yang menyengat akan membuat tikus nggak bakal balik lagi ke dalam rumah.

Caranya cukup iris bawang dan simpan di dalam atau dekat lubang tempat mereka masuk ke dalam rumah.

Cukup mudah kan, mengusir tikus dari rumah? Ingat ya, selain melakukan cara-cara diatas, kita juga harus senantiasa menjaga kebersihan rumah.

Selamat mencoba!

loading...