Wirausahawan Wajib Tahu, ini Kelebihan dan Kekurangan Franchise Minuman

14 Feb 2020  Isfatu Fadhilatul

Wirausahawan Wajib Tahu, ini Kelebihan dan Kekurangan Franchise Minuman

Ilustrasi franchise minuman - Image from id.pinterest.com

Temukan kelebihan dan kekurangan franchise minuman, serta daftar brand franchise minuman yang wajib kamu coba

Kamu seorang wirausahawan yang sedang mencari peruntungan pada usaha minuman? Usaha dalam bidang ini memanglah sedang digandrungi, karena selain mudah dijalani, minuman memang tak pernah sepi pelanggan.

Selain itu, pasar dari usaha minuman pun tidak pernah mati, karena orang akan selalu membutuhkan dan membeli produk-produk minuman. Dan berikut beberapa referensi franchise minuman yang patut kamu coba.

Apa Itu Franchise Minuman?

Saat ini, semakin banyak pilihan untuk memulai bisnis. Salah satu opsi yang paling digemari adalah bisnis franchise. 

Nah, sebelum masuk pada pembahasan daftar franchise minuman 2019 dan 2020, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu franchise minuman.

Secara umum, usaha franchise minuman atau yang juga disebut sebagai usaha waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk, jasa ataupun layanan. 

Dalam usaha franchise minuman, terdapat pihak franchisor (peng-waralaba), franchisee (penerima waralaba), franchise fee dan royalty fee. 

Franchise fee sendiri adalah biaya awal di muka atau modal yang kamu butuhkan sebelum waralaba mulai beroperasi. Sedangkan royalty fee adalah biaya setelah usaha waralaba dijalankan.

Apa sih keuntungan franchise minuman kekinian? Berikut ulasannya:

1. Manajemen bisnis sudah terbangun

Usaha franchise minuman cukup menguntungkan karena kamu akan berbisnis di bawah bendera perusahaan yang telah memiliki reputasi yang bagus. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan soal manajemen, ide, dan lain sebagainya. Karena ide, nama usaha serta manajemennya pun telah di uji coba dan siap untuk diaplikasikan di lokasi baru.

2. Sudah dikenal banyak orang

Biasanya, brand dari sebuah franchise minuman telah dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, kamu tidak perlu takut bisnis tidak laku karena faktor tidak terkenal. 

Selain itu, dengan usaha yang sudah dikenal banyak orang ini, pemasarannya pun cenderung lebih mudah. Kamu tidak perlu repot-repot membangun reputasi bisnis dibandingkan ketika kamu memulai bisnis baru.

3. Support dan keamanan yang lebih kuat

Pemilik usaha franchise minuman biasanya akan memberikan pelatihan kepada para franchisee-nya. Jadi, kamu akan menerima pelatihan seperti pemasaran, manajemen finansial, periklanan dan lain sebagainya.

Kabar baiknya lagi, pelatihan tersebut biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian usaha franchise minuman.

4. Keuntungan lebih besar

Usaha franchise minuman sudah terkenal di masyarakat, sehingga peluang mendapat keuntungan yang lebih besar pun akan terbuka lebar.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk promosi dan lain sebagainya. Namun perlu digaris bawahi, untung besar atau tidak tergantung pada situasi dan para pelaku bisnisnya sendiri.

5. Manajemen keuangan yang lebih mudah

Ketika kamu memilih usaha franchise minuman, sistem manajemen finansialnya sudah ditetapkan oleh franchisor. Oleh karena itu, kamu tidak perlu repot-repot lagi dengan manajemen finansial seperti halnya ketika membangun bisnis baru.

Baca Juga: Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Kekurangan bisnis franchise minuman

Nah, bicara perihal keuntungan, tidak afdol rasanya jika tidak membahas kekurangan bisnis franchise minuman. Seperti halnya jenis bisnis lainnya, franchise minuman pun juga memiliki kekurangan, antara lain:

1. Hanya berpatok pada satu supplier saja

Usaha franchise minuman sangat bergantung pada supplier yang bekerjasama dengan perusahaan. Umunya, untuk mendapat laba yang lebih besar, kita pasti memilih supplier yang bisa memberi harga lebih murah. 

Namun sayangnya, kamu tidak bisa memilih supplier lain yang lebih murah karena suppliernya sudah ditentukan oleh franchisor atau pemilik franchise.

2. Sangat tergantung pada reputasi waralaba sejenis (kompetitor)

Salah satu kekurangan yang dimiliki franchise minuman adalah tergantungnya reputasi franchise satu dengan franchise yang lain.

Artinya, jika usaha franchise yang lain melakukan kesalahan yang merusak reputasi, maka masalah ini akan berimbas pada usaha sejenis yang saat ini kamu kelola.

3. Bisnis kurang terkendali

Salah satu kekurangan bisnis ini adalah kurangnya kendali dari franchisee terhadap bisnisnya sendiri. Hal ini karena sistem bisnis telah ditentukan oleh pemilik waralaba, sehingga ruang gerak kamu sebagai franchisee sangat terbatas. 

Kamu pun tidak bisa memberi ide-ide kreatif yang baru untuk bisnis tersebut, karena terikat pada perjanjian.

4. Biaya 

Franchisor atau pemilik franchise minuman akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian. Biaya tersebut sudah termasuk biaya lanjutan untuk pelatihan serta dukungan bagi para pembeli waralaba.

5. Ada pemotongan laba

Kamu sebagai franchisee diharuskan untuk membayar sejumlah royalti dari laba yang didapatkan. Jika untungnya sedikit, bisa jadi keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini.

Baca Juga: Kumpulan Kata Kata Promosi yang Membuat Bisnis Laris Manis, 100% Ampuh!

Daftar franchise minuman murah

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis franchise minuman, kini saatnya kamu mencari tahu brand franchise minuman apa yang ingin kamu geluti.

Sebenarnya, terdapat banyak sekali brand franchise yang bisa kamu temukan di kota-kota besar di Indonesia. Misalnya seperti franchise minuman Surabaya, franchise minuman Jakarta, franchise minuman Bandung, dan lain sebagainya.

Brandnya pun bermacam-macam, mulai dari franchise minuman mangga,
franchise minuman glek, franchise minuman boba, hingga franchise minuman rujak.

Nah, sebagai referensi, berikut 5 brand franchise minuman yang bisa kamu coba.

1. Passion of Chocolate

Wirausahawan Wajib Tahu, ini Kelebihan dan Kekurangan Franchise Minuman

Franchise minuman Passion of Chocolate - Image from passionofchocolate.com

Franchise minuman coklat yang bisa kamu coba adalah Passion of Chocolate. Untuk biaya paket franchise minuman ini pun masih tergolong cukup murah, yaitu hanya Rp 8,5 juta saja, dan kamu sudah mendapatkan paket lengkap seperti:

  • Booth eksklusif dengan lampu neon box.
  • Cup sealer.
  • Blender.
  • 1 buah papan berdiri.
  • Gratis 300 bahan baku.
  • Gratis 300 cup.
  • Gratis plastik cup sealer.
  • Wadah sedotan.
  • Termos es.
  • Kertas menu.
  • Gunting.
  • Celemek.

Jika berminat, kamu bisa menghubungi marketing franchise minuman Passion of Chocolate di 082329410041 atau kunjungi laman [INI].

2. Cetroo Coffee

Wirausahawan Wajib Tahu, ini Kelebihan dan Kekurangan Franchise Minuman

Franchise minuman Cetroo Coffee - Image from cetroocoffee.com

Untuk kamu penggemar kopi dan ingin berjualan kopi namun masih bingung mencari bahan baku serta boothnya, ada baiknya kamu mencoba franchise minuman kopi Cetroo Coffee.

Brand ini dimiliki oleh PT. Cetroo Coffee Indonesia yang menawarkan tiga macam paket franchise, yaitu paket hemat dengan modal awal Rp 9,5 juta, paket dahsyat dengan modal awal Rp 12 juta, dan paket mini cafe dengan modal awal sekitar Rp 65 juta.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung mengunjungi websitenya [DISINI].

Baca Juga: Tips Mencari Peluang Usaha yang Mudah Dengan Modal yang Sedikit

3. Teh Poci

Wirausahawan Wajib Tahu, ini Kelebihan dan Kekurangan Franchise Minuman

Franchise minuman Teh Poci - Image from franchise-teh-poci-waralaba.business.site

Salah satu franchise minuman teh yang bisa kamu jadikan referensi adalah teh poci. Produknya sederhana, hanya teh yang diberi es batu atau yang lebih kita kenal sebagai es teh.

Meskipun begitu, franchise minuman teh poci ini cukup laris, karena terbukti hampir di setiap kota di Indonesia terutama di pusat perbelanjaan terdapat produk teh poci.

Karena berbahan dasar teh, baik orang tua maupun anak-anak sangat menyukai minuman ini.

Untuk membuka usaha ini pun, kamu hanya membutuhkan modal Rp 6,7 juta saja dan sudah mendapatkan peralatan yang lengkap, seperti:

  • Meja booth untuk jualan
  • Mesin sealer
  • Cooler box
  • Container teh 20 Liter
  • Termos kapasitas 10 Liter
  • Teko listrik
  • Saringan teh
  • Sodet kayu
  • Centong es
  • Banner
  • Bahan baku untuk berjualan.

4. Manja Cheese Tea

Wirausahawan Wajib Tahu, ini Kelebihan dan Kekurangan Franchise Minuman

Franchise minuman Manja Cheese Tea - Image from ayowaralaba.com

Salah satu franchise minuman boba kekinian yang patut kamu coba adalah manja cheese tea.

Meskipun pusat dari minuman ini berada di Bali, kamu yang tinggal di kota lain juga bisa menjualnya kok. Terlebih, paket franchise minuman yang mereka tawarkan masih tergolong murah, yaitu hanya Rp 9,3 juta saja.

Jika berminat, kamu bisa mengunjungi situsnya [DISINI].

5. So What Bubble Cheese Tea

Wirausahawan Wajib Tahu, ini Kelebihan dan Kekurangan Franchise Minuman

Franchise minuman So What Bubble Cheese Tea - Image from www.youtube.com

Boba adalah minuman yang sedang trend saat ini, jadi tidak ada salahnya kamu memiliki banyak referensi franchise minuman boba, salah satunya yaitu So What Bubble Cheese Tea.

Harga promo paket franchise yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu sekitar Rp 9,3 juta saja. Berikut fasilitas yang akan kamu dapatkan:

  • Booth eksklusif
  • Neon box
  • Roll banner
  • Cup Sealer
  • Gratis bahan baku

Untuk menjadi franchisee, kamu bisa menghubungi marketing So What di 082236499957.

Demikian penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan franchise minuman beserta 5 referensi brand franchise minuman yang bisa kamu coba.

Semoga ulasan kali ini bisa memberikan sedikit pencerahan buat kamu yang tertarik dengan bisnis minuman namun masih banyak yang membuat galau. Selamat mencoba peruntungan bisnis franchise minuman, ya!

    BAGIKAN !

    Jika kontent kami bermanfaat
    share wa