Apa Saja Jenis Pinjaman Itu? Perhatikan Penjelasannya Berikut Ini!

09 Jan 2020 Isfatu Fadhilatul

Apa Saja Jenis Pinjaman Itu? Perhatikan Penjelasannya Berikut Ini!

Ilustrasi pinjaman uang - Image from id.pinterest.com

Pinjaman merupakan jenis hutang yang bisa melibatkan semua jenis benda meskipun biasanya sering disebut dengan pinjaman moneter.
Utang sendiri merupakan sesuatu yang dipinjam. Seseorang atau badan usaha yang melakukan pinjaman akan disebut sebagai debitur. Dan orang yang memberi pinjaman akan disebut kreditur.
Peminjam pada dasarnya akan menerima sejumlah uang dari pemberi hutang yang akan dibayar kembali nantinya dimana biasanya dilakukan dalam bentuk angsuran berkala kepada pemberi hutang.
Kegiatan ini biasanya akan ditambahi dengan biaya tertentu yang disebut sebagai bunga terhadap hutang. Pihak peminjam juga mempunyai hak terhadap bentuk syarat pinjaman.

Macam-Macam Pinjaman

Ada banyak cara bagi seseorang untuk mendapatkan pinjaman, buat modal usaha contohnya. Terlebih di era yang serba online seperti sekarang ini, Anda pun bisa mengakses pinjaman jika ingin memiliki modal usaha cukup dengan bermodalkan akses internet. Anda cukup install di smartphone dengan praktis. Menurut Duwitmu.com, beberapa jenis pinjaman adalah:

  1. Kredit Usaha Rakyat
    Apa saja jenis pinjaman yang bisa Anda coba adalah KUR. Pinjaman yang ini biasanya disebut dengan KUR. KUR yaitu sebuah program yang diluncurkan oleh pemerintah.
    KUR tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat usaha mikro, kecil maupun menengah supaya bisa mendapatkan akses permodalan dari lembaga keuangan baik itu swasta maupun dari pemerintah.
    Program ini sudah melibatkan beberapa bank seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN dan sebagainya. Dengan hadirnya KUR ini maka masyarakat yang membutuhkan bantuan permodalan merasa tertolong. Banyak dari masyarakat yang sudah menggunakan program ini.
  2. Koperasi
    Apa saja jenis pinjaman yang bisa Anda coba adalah koperasi. Lembaga keuangan non bank ini bisa dikatakan paling diminati banyak masyarakat. Sebab, sejak zaman awal kemerdekaan, koperasi sudah menjadi tonggak pembangunan ekonomi bagi bangsa Indonesia.
    Dan yang paling populer sekarang ini yang ada di kalangan masyarakat yaitu kosipa atau koperasi simpan pinjam.
  3. Peer to peer lending
    Buat Anda yang tidak ingin pusing ketika mengurus administrasi pinjaman modal usaha ke bank misalnya, maka Anda bisa mengajukannya ke situs peer to peer lending.
    Situs seperti ini sudah semakin populer di kalangan masyarakat khususnya masyarakat kecil. Sementara bagi investor akan menerima keuntungan yang didapat dari bunga si peminjam.

Baca Juga: 20 Cara Berbisnis Sukses Mulai dari Nol

Cara Mendapatkan Pinjaman

Ada beberapa cara bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman yang paling efektif, dimana Anda bisa ikuti seperti di bawah ini:

  1. Pinjaman tanpa agunan
    Jika Anda ingin modal usaha misalnya, maka Anda bisa
    melakukan pinjaman dengan sebuah jaminan. Namun jika dibandingkan dengan yang tanpa agunan pinjaman, maka ini akan jauh lebih disarankan. Sebab batasan
    pinjaman ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tanpa agunan.  Bukan hanya itu, namun jangka waktunya yang diberikan pun lebih panjang.
  2. Pinjam dari bank tanpa agunan
    Jika Anda sedang membutuhkan pinjaman dengan cepat juga dengan nominal yang tidak terlalu besar, maka Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan.
  3. Mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan
    Apa saja jenis pinjaman selanjutnya adalah ini. Dimana jika dibandingkan dengan bank yang prosesnya lebih rumit dan pencairannya lebih lama, dan Anda lebih disarankan untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan seperti leasing.
    Umumnya, proses pengajuan pinjaman di leasing ini akan jauh lebih cepat dan mudah jika dibandingkan ke bank.

Jadi seperti itulah beberapa informasi mengenai apa saja jenis pinjaman yang bisa Anda coba.

bisnis

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa