10 Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Online

Penulis Fajar R | Ditayangkan 07 Sep 2019

10 Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Online

Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Online - Image from wajibbaca.com

Kiblat merupakan suatu arah yang dituju oleh semua umat islam ketika sedang melaksanakan sholat.

Mengetahui arah Kiblat yang tepat adalah hal penting bagi umat islam.

Hal ini karena menghadap kiblat adalah syarat sholat yang mutlak harus dipenuhi oleh seseorang yang akan mengerjakan sholat dimana pun orang itu berada.

Arah kiblat tidak hanya digunakan sebagai patokan menghadap untuk arah sholat, tetapi juga dapat dijadikan sebagai patokan menghadapkan jenazah ketika prosesi pemakaman atau menguburkan jenazah.

Menentukan arah kiblat dapat dilakukan dengan beberapa cara untuk menemukan arah kiblat yang tepat dan akurat.

Pertama adalah dengan alat yaitu kompas dan yang kedua dengan matahari.

Nah dewasa ini di era digital, dengan semakin majunya perkembangan teknologi, terdapat cara-cara baru untuk menentukan arah kiblat. 

Yakni dengan menggunakan suatu aplikasi ponsel dan bisa secara online dengan mengakses suatu website yang menyediakan fasilitas penunjuk arah kiblat online

Terdapat beragam aplikasi penunjuk arah kiblat yang dapat membantu menentukan arah kiblat.

Salah satunya Qibla Finder yakni layanan dari Google untuk menentukan arah kiblat online dengan website.

Qibla Finder ini mirip dengan Qibla Locator yang memanfaatkan Peta Google untuk mengetahui dengan mudah dan akurat arah kiblat yang tepat.

Nah pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan mengulas aplikasi penentu arah kiblat yang dapat diinstall di smartphone.

Dengan aplikasi ini tentunya akan semakin mudah dan praktis untuk menentukan arah kiblat dimana saja dan tentunya kapan saja.

Berikut 10 Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Online 

1. Muslim pro

Muslim Pro merupakan aplikasi yang sengaja diciptakan untuk kalian yang ingin menjadi muslim 'profesional' alias lebih baik.

Aplikasi ini telah diakui oleh lebih dari 70 juta Muslim di seluruh dunia, aplikasi ini menjadi pengingat waktu sholat dan adzan paling akurat yang disertai dengan waktu berpuasa (imsak dan iftar) selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: 17 Kesalahan Sepele Yang Menyebabkan Amal Ibadah Kita Tidak Diterima Oleh Allah

Tidak hanya fitur itu saja, pada aplikasi Muslim Pro juga yang paling penting juga terdapat fitur penunjuk arah kiblat sholat yang tentunya bisa membantu ketika akan mengerjakan perintah ibadah.

Selain itu, masih tersedia lagi fitur-fitur lain yang bermanfaat untuk pengguna aplikasi ini, seperti Al-Quran beserta tajwid, tasbih digital, kalender Hijriyah, dan masih banyak lagi.

Untuk mendownload aplikasinya klik di sini

2. Qibla finder - find qibla direction & prayer times

Sesuai dengan nama aplikasinya, Qibla Finder - Find Qibla Direction & Prayer Times menyediakan fitur utama yang akan membantu menentukan arah kiblat salat.

Diklaim sebagai salah satu aplikasi penunjuk arah kiblat sholat terbaik, aplikasi ini mampu menentukan atau menunjukan arah kiblat dengan akurasi tingkat tinggi meskipun berada di pegunungan sekalipun dan di manaupun serta pada medan asing.

Apabila penasaran tentang berapa jarak dari lokasi kita berada ke Ka'bah (kiblat), aplikasi ini juga dapat menampilkan jarak dalam satuan kilometer, lho.

Fitur lain yang juga sangat membantu adalah waktu sholat otomatis yang akan menyesuaikan dengan lokasi kita berada.

Untuk mendownload aplikasinya klik di sini

3. Kiblat kompas, arah kiblat tekad, kiblat sholat

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk penggunanya penunjuk arah kiblat sholat yang diklaim akurat.

Hal itu dikarenakan aplikasi ini menggunakan algoritma terbaik untuk menjadikan aplikasi agar dapat berjalan secara akurat di semua kota di dunia.

Jadi, kita dapat menggunakan aplikasi ini di mana pun berada tanpa perlu khawatir keakuratan aplikasi ini.

Baca Juga : Sudah Benarkah Wudhumu? Hati-hati Dengan 10 Kesalahan Ini

Selain penunjuk atau penentu arah kiblat, aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur lain seperti Quran, Asmaul Husna, kumpulan hadist dan masih banyak lagi.

Untuk mendownload aplikasinya klik di sini

4. Qibla compass: a minimal qibla direction locator

Aplikasi Qibla Compass juga layak jadi salah satu opsi aplikasi penunjuk atau penentu arah kiblat yang bisa di install di smartphone kita.

Dikembangkan oleh developer Naaz Apps aplikasi ini mendukung keperluanmu untuk bisa menentukan arah kiblat sholat yang akurat dan dengan otomatis akan mendeteksi lokasi keberadaan kita.

Sekalipun tidak memiliki sambungan internet aplikasi ini tetap dapat dijalankan secara offline.

Tetapi agar tetap bisa menggunakan fiturnya, kita harus mengaktifkan GPS.

Selain itu, aplikasi Qibla Compass ini juga menyediakan tampilan antar muka yang sangat simpel sehingga mempermudah penggunaannya untuk berbagai usia.

Waktu Shalat, Imsak, dan Kiblat merupakan fitur-fitur lain yang terdapat pada aplikasi ini lengkap.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kodelokus dengan fitur-fitur komplit, salah satu yang utama adalah penunjuk arah kiblat.

Untuk mendownload aplikasinya klik di sini.

5. Waktu shalat, imsak, dan kiblat

Sesuai dengan nama aplikasinya Waktu Shalat, Imsak, dan Kiblat adalah salah satu aplikasi untuk umat Muslim yang memiliki fitur lumayan lengkap.

Melalui aplikasi ini, kita tak perlu khawatir lagi ketika menentukan arah kiblat ketika sholat.

Karena aplikasi yang dikembangkan oleh Kodelokus ini menyediakan fitur-fitur komplit, salah satunya adalah penunjuk arah kiblat.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur penghitungan waktu sholat yang diklaim sangat akurat. Sehingga sholat bisa tepat waktu

Untuk mendownload aplikasinya klik di sini

6. Digital compass

Aplikasi kompas kiblat online yang pertama adalah Digital Compass, aplikasi ini mempunyai banyak fungsi yang cukup akurat.

Fitur yang disediakan juga banyak dan mudah digunakan, kamu juga tak perlu khawatir aplikasi ini cukup ringan jadi bisa digunakan walau smartphone kamu berspesifikasi nggak terlalu tinggi.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Axiomatic.inc. Cara menggunakan aplikasi ini, kamu harus mendownloadnya di play store atau app store secara gratis.

7. Kompas 360 Pro

Aplikasi yang kedua adalah kompas 360 pro, berguna membantu menemukan arah kompas online ketika kamu melakukan aktivitas di luar rumah, baik itu ke gunung atau ke laut.

Masalah keakuratan aplikasi ini tidak usah diragukan lagi. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menentukan kiblat dengan kompas online ini.

Sudah banyak pengguna yang merekomendasikan aplikasi ini. 

Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi ini juga cukup mudah digunakan. Sama halnya dengan aplikasi diatas, ukuran aplikasi ini tergolong ringan.

8. Smart compass

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi kompas yang menggunakan sensor magnetik. Jadi arah kiblat kompas online ini pun bisa dikatakan akurat.

Kamu juga akan menemukan fitur-fitur yang banyak dalam aplikasi ini, salah satunya tampilan modus potret atau landscape. 

Tampilan kamera yang nyata, mendeteksi magnet untuk memverifikasi sensor dan mendukung GPS.

Kamu bisa mengunduhnya di App Store atau Play Store secara gratis

9. LED compass

Aplikasi kompas penentu arah kiblat selanjutnya adalah LED Compass. Aplikasi kompas online arah ini memiliki tampilan yang lebih simple tetapi menyuguhkan fitur-fitur yang canggih.

Aplikasi ini nantinya akan menunjukkan fungsi kekuatan medan magnet agar dapat mengarahkan ke tempat tujuan.

Sinyal bar hijau menandakan kalau jaringan baik, sedangkan bila berwarna kuning berarti kurang baik.

10. 3D compass

Aplikasi yang terakhir ini sama halnya dengan aplikasi sebelum-sebelumnya. Hanya saja pada 3D compass ini memiliki tampilan yang 3D.

Sehingga menjadikan aplikasi ini lebih keren dan terlihat nyata dan pengguna pun merasa benar-benar seperti menggunakan kompas sungguhan.

Demikian ulasan mengenai aplikasi penentu arah kiblat. Semoga dapat menambah pengetahuan dan membantu serta bermanfaat.

SHARE ARTIKEL