Cukup 5 Menit, Baca Doa ini Selepas Isya, Pahalanya Seolah Ibadah Sepanjang Malam

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 17 Oct 2020

Ilustrasi membaca Al Quran - Image from news.detik.com

Sudahkah kamu membaca doa ini? 

Tak butuh waktu lama, kamu cukup membacanya 5 menit setelah sholat Isya. Inshaallah pahalanya seperti menunaikan ibadah sepanjang malam. Berikut lafadz doa, latin dan juga artinya. 

Biasanya apa yang kamu lakukan setelah sholat Isya'? Berdoa, berdzikir atau malah refreshing mencari hiburan dengan nongkrong sama teman? 

Setiap umat Islam tentu ingin mendapatkan pahala demi bekal di akhirat kelak. Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan adalah berdoa setelah sholat Isya. Jika kamu melakukan amalan ini, maka kamu akan mendapatkan pahala seolah melakukan ibadah sepanjang malam. 

Wah banyak sekali ya. Lantas bagaimana bunyi doa tersebut? 

Doa setelah isya ini tercantum dalam surat Al-Baqarah pada ayat terakhir dan menjadi salah satu keutamaan yang dimiliki oleh Umat Nabi Muhammad SAW. 

Doa Setelah Sholat Isya'

Umat Nabi Muhammad SAW diberikan keistimewaan yang tak dimiliki umat Nabi-nabi terdahulu. 

Keistimewaan tersebut tertulis dalam dua ayat terakhir dalam surat Al-Baqarah yang sering kita baca saat membaca tahlil atau wirid ataupun doa setelah sholat. 

Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam hadis Rasulullah SAW:

فُضِّلْنا علَى الناسِ بثلاثٍ : جُعِلَتْ صفوفُنا كصفوفِ الملائِكَةِ ، وجُعِلَتْ لنا الأرْضُ كُلُّها مسجِدًا ، و جُعِلَتْ تربَتُها لنا طَهورًا إذا لَمْ نَجِدِ الماءَ ، وأُعْطيتُ هذِهِ الآياتِ مِنْ آخرِ سُورَةِ البقرَةِ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ العرشِ لَمْ يُعْطَها نَبِيٌّ قَبْلِي

"Kita (umat Nabi Muhammad SAW) diistimewakan dengan tiga hal: “Barisan kita dijadikan barisan yang kuat sebagaimana barisan para malaikat. Kedua, semua bumi dijadikan masjid dan semua tanahnya suci jika kita tidak menemukan air. Ketiga, kita diberikan beberapa ayat terakhir surat al-Baqarah yang diturunkan dari sebuah tempat setelah Arsy. Ayat-ayat tersebut tidak diberikan kepada para nabi (dan umatnya) sebelum aku.” (Jami’ as-Saghir, sahih)

Doa yang dimaksud tercantum dalam dua ayat terakhir dalam surat Al-Baqarah ialah: 

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbana la tuakhidzna in nasiina au akhtha’na. Rabbana wa la tahmil alaina isran kama hamaltahu alalladzina min qablina. Rabbana wa la tuhammilna ma la thaqata lana bih. Wa’fu ‘anna waghfir lana warhamna anta maulana fanshurna alal qaumil kafirin.

Artinya: (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

Doa ini biasanya dibaca setelah shalat isya. Salah satu keutamaan membaca doa ini adalah kita akan diberikan pahala sebagaimana beribadah sepanjang malam. 

Hal tersebut berpijak dari hadis riwayat Imam at-Tirmidzi disebutkan:

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Dari Ibnu Mas’ud al-Anshari berkata, Rasulullah SAW bersabda: Setiap orang yang membaca dua ayat terakhir dari surat al-Baqarah dalam suatu malam, maka ia seperti beribadah penuh dalam semalam.”

Begitulah keistimewaan yang dijanjikan untuk akhir surat Al-Baqarah ini. Maka beruntunglah kita yang bisa istiqomah mengamalkannya. 

Oleh karena itu, mari kita amalkan doa setelah isya ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan merahmati kita semua. Aamiin ya robbal alamiin.

SHARE ARTIKEL