5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bisa Dimulai dari Sekarang

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 19 May 2020

Masa depan memang tidak bisa ditebak, tetapi Anda bisa mempersiapkannya agar kehidupan menjadi lebih baik setidaknya bagi Anda dan keluarga. Bagaimana mempersiapkannya? 

Untuk masalah kebutuhan, Anda mulai bisa mempersiapkan masa depan dengan menyiapkan berbagai jenis investasi jangka panjang. Tentunya investasi kesehatan seperti Asuransi dari PFIMegaLife.co.id.

Investasi jangka panjang yang Anda lakukan diharapkan bisa menjadi modal untuk berbagai harapan Anda di masa depan, mulai untuk pendidikan anak, hunian, sampai sebagai dana pensiun jika Anda sudah tidak bekerja lagi. 

Inilah pengertian simpel dari investasi jangka panjang.

Anda bisa menggunakan dana yang Anda miliki sekarang untuk berbagai kebutuhan di masa depan yang nilainya sudah menanjak. 

Secara lebih rinci, investasi jangka panjang adalah pengelolaan dana untuk bisa memperoleh manfaat imbal hasil di atas lima tahun. 

Jenis investasi jangka panjang juga lebih diperuntukkan untuk berbagai kebutuhan yang diprediksi baru akan ada lebih dari lima tahun yang akan datang.

Ini mengingat imbal hasil yang diperoleh dari jenis investasi ini sulit dirasakan signifikan dalam waktu singkat.

Bagi Anda yang memiliki berbagai keinginan kepemilikan pada masa depan ataupun ingin memastikan adanya pemasukan atau terjaminnya dana di hari tua, tidak adanya mulai berinvestasi dari sekarang. 

Berbagai jenis investasi jangka panjang di bawah ini sangat direkomendasikan.

Logam Mulia

Logam mulia menjadi barang investasi yang sangat menjanjikan. Tidak hanya emas, logam pilihan lain yang layak Anda investasikan adalah perak. 

Logam mulia menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan karena adanya kenaikan harga komoditas ini yang jika rata-rata pertahunnya bisa melebihi nilai rata-rata inflasi atau kenaikan harga.

Ketika membeli emas, perak, atau logam mulia lainnya, di awal-awal Anda bisa menjadi sedikit kesal karena lambatnya kenaikan harga komoditas tersebut. 

Bahkan, ada pula saat harga-harga logam mulia tersebut terperosok turun, walau tidak signifikan. 

Dalam kondisi tersebut cobalah tetap santai karena kenaikan harga logam mulia memang baru terasa ketika jangka waktu penyimpanannya sudah melebihi lima tahun.

Sebagai contoh pada kisaran 2013, harga logam mulia emas per gramnya bertengger di kisaran Rp 530.000 per gram. 

Nilai tersebut tidak kunjung naik, bahkan sempat turun menjadi sekitar Rp 490.000 per gram pada 2014. Namun, pada 2019, harga emas mulai naik ke level Rp 700.000 per gram pada akhir Desember. 

Nilainya terus menanjak hingga saat ini sudah berada di level lebih dari Rp 900.000 per gram. Tampak menggiurkan, bukan? 

Tidak perlu menunggu waktu lama-lama jika mulai ingin berinvestasi logam mulia. Jika sudah ada dananya, langsung belikan logam mulia. Tidak perlu menunggu nilainya turun drastis karena hal tersebut sangat sulit terjadi.

Baca : Cara Investasi Emas

Tanah dan Properti

Tanah menjadi komoditas yang harganya terus melejit dari waktu ke waktu. Harganya pun tidak pernah turun. Ditambah lagi jika ada properti di atasnya, harga tanah dan bangunan menjadi berlipat ganda.

Kenaikan harga tanah dan properti yang tidak pernah berhenti membuatnya menjadi jenis investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan.

Memiliki tanah yang di atasnya berdiri properti tidak hanya membuat Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan untung besar ketika menjualnya di waktu mendatang. 

Lebih dari itu, tanah dan properti bisa juga bisa menjadi pendapatan pasif ketika Anda menyewakannya.

Hanya saja memang, untuk bisa mulai berinvestasi tanah dan properti dibutuhkan dana yang tidak sedikit. 

Modal investasi untuk tanah dan properti merupakan yang terbesar dibandingkan untuk berbagai jenis investasi lainnya.

Namun, bukan berarti tidak ada jalan untuk memilikinya. Jika dana terbatas, Anda bisa menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR). Properti yang terbeli lewat KPR tersebut bisa Anda sewakan kembali untuk memperoleh pendapatan pasif.

Asuransi

Banyak orang menilai asuransi hanya berfungsi sebagai penjaga keuangan Anda agar ketika bencana, bisa berupa sakit, kehilangan barang, hingga kematian, aset Anda tidak berkurang. Padahal sebenarnya, asuransi juga termasuk jenis investasi jangka panjang yang nilainya cukup menjanjikan bagi masa depan Anda.

Baca tentang asuransi kesehatan.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk unitlink. Di jenis produk ini, premi yang Anda masukkan tidak seluruhnya dialokasikan untuk kebutuhan asuransi semata sebagai penjaga aset. Namun, beberapa persen dari premi tersebut dimasukkan ke berbagai efek portofolio sehingga bisa menambah nilainya di masa mendatang.

Bahkan, produk asuransi biasa pun sebenarnya sudah tergolong sebagai investasi jangka panjang. Contohnya produk asuransi jiwa yang nilai pertanggungannya bisa menjadi dana pensiun Anda.

Jangan menunggu waktu terus bertambah karena semakin tua usia Anda, premi asuransi yang mesti Anda bayar akan semakin besar. Jika sudah demikian, nilai imbal hasil yang bisa Anda peroleh pun bisa lebih kecil dibandingkan mereka yang sudah mulai berasuransi sedari muda.

Tabungan Berjangka

Jenis investasi ini sangat cocok bagi Anda yang sulit menyisihkan dana untuk mulai berinvestasi. Dengan memilih tabungan berjangka, Anda akan dipaksa untuk menabung karena bank akan mengambil sejumlah uang sesuai kesepakatan dari rekening Anda tiap bulannya pada tanggal yang telah ditentukan. Hanya saja, Anda tidak bisa mengambil dana dari tabungan berjangka sembarangan waktu. Harus sesuai dengan kesepakatan awal juga.

Nominal yang bisa Anda sepakati untuk masuk ke tabungan berjangka bisa disesuaikan dengan keuangan Anda. Hal ini membuat Anda tidak akan merasakan kekurangan dana untuk kebutuhan sehari-hari juga, tapi investasi tetap berjalan. Model investasi tabungan berjangka ini paling memungkinkan dilakukan tiap orang karena modal awal investasi hanya perlu ratusan ribu rupiah.

Imbal hasil yang ditawarkan tabungan berjangka adalah bunga berbunga yang dihitung per tahun. Bunga tahun dalam jenis investasi jangka panjang ini lebih tinggi dibandingkan tingkat bunga tabungan simpanan biasa. Tingkat bunga akan semakin besar apabila jangka waktu yang Anda pilih semakin lama.

Baca tentang bunga deposito.

Saham

Ini dia jenis investasi jangka panjang yang menjanjikan untuk paling besar. Di samping itu, saham juga merupakan jenis investasi yang paling tinggi risiko. Dalam menjalankan investasi ini, Anda harus jeli melihat peluang kapan waktu yang tepat untuk membeli dan kapan waktu paling tepat untuk menjual.

Seberapa besar keuntungan imbal hasil dari berinvestasi saham? Jawabannya bisa beratus-ratus hingga beribu kali lipat dari modal awal yang Anda tanamkan. Seberapa besar kerugiannya? Ada kemungkinan nilai modal Anda akan merosot hingga titik paling rendah atau nol.

Ini karena sifat saham sangat fluktuatif sehingga pada satu hari, mungkin nilainya akan meningkat hingga lima kali lipat. Namun pada hari berikutnya, nilainya justru merosot hingga hanya tinggal sepersepuluh dari modal awal.

Akan tetapi, bukan berarti Anda mesti menjadi takut berinvestasi. Dalam bermain jenis investasi ini Anda perlu kesabaran.

Ketika harganya sudah turun drastis, jangan terburu-buru untuk menjualnya. Faktanya, dalam kisaran 5-10 tahun, nilai rata-rata investasi saham hampir dipastikan meningkat berkali-kali lipat.

Dahulu berinvestasi saham memang cukup membutuhkan modal besar karena pembelian minimal satu slot dengan harga jutaan rupiah. Namun saat ini di Indonesia, tersedia pilihan Yuk Nabung Saham. Anda bisa membeli saham dengan model lembaran untuk nantinya diakumulasikan menjadi satu slot.

Sekarang Anda sudah tahu bukan berbagai jenis investasi jangka panjang yang bisa menjadi modal masa depan Anda? Anda lebih menyukai yang mana? Kalau Anda termasuk yang tertarik untuk berinvestasi asuransi, melirik berbagai produk PFI Mega Life pun bisa menjadi rujukan yang tepat bagi Anda. Yuk, segera berinvestasi. Makin cepat, makin baik!

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb