Cara Cek Data Akun Tokopedia Bocor atau Tidak, Mudah dan Gratis 

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 04 May 2020

Cara Cek Data Akun Tokopedia Bocor atau Tidak, Mudah dan Gratis 

Ilustrasi - Image from cdns.klimg.com

Bagi kamu yang punya akun tokped, wajib cek akunmu bocor atau tidak!

Jika data akun tokopedia-mu bocor, maka orang lain bisa ambil alih akun, melakukan penipuan, dan kejahatan siber lainnya. Oleh sebab itu, yuk simak cek data akun tokpedmu bocor atau tidak. Caranya sangat mudah dan gratis, lho!

Sebanyak 91 data pengguna Tokopedia dikabarkan bocor dan dijual oleh beberapa aktor jahat di Dark Web. Itu artinya kamu perlu cek apakah data akun Tokopedia kamu bocor atau tidak. 

Sebab jika akun Tokopedia-mu bocor, akan menimbulkan banyak risiko yang bisa kamu hadapi. 

Baca juga : Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Data Akun Tokopedia Pengguna Bocor!

Kasus ini terungkap ke publik oleh akun twitter @underthebreach yang mengklaim dirinya sebagai layanan pengawasan dan pencengahan kebocoroan data asal Israel.

Untuk melakukan pengecekan ini ada beberapa situs yang bisa dimanfaatkan. Pengecekan ini berbasis alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar di Tokopedia.

Berikut ini daftar situs yang bisa kamu pakai untuk mengecek apakah akun Tokopedia kamu bocor, pernah diretas dan dijual di pasar gelap:

1. Have I Been Pwned? 

Have I Been Pwned bekerja untuk melacak pelanggaran yang menggunakan email-mu. Kamu hanya perlu memasukkan alamat email dan situs akan menampilkan hasil pemeriksaan pada email tersebut. 

Untuk pelanggaran yang lebih sensitif, situs ini bisa memberi layanan tersebut, namun kamu diminta untuk mendaftar di situs itu lebih dulu.

Situs juga bisa memeriksa akun untuk tautan langsung ke akun tertentu, sehingga dapat langsung memunculkan hasil untuk satu alamat email tertentu jika kamu berencana melakukan banyak pencarian berulang. 

2.  Firefox Monitor 

Cara lainnya yang mudah adalah dengan mengakses di situs monitor.firefox.com, kemudian masukkan nama email kamu. Tunggu hasil pemeriksaan hingga keluar. 

Jika data akunmu bocor, nantinya akan terlihat melalui aplikasi apa saja, dan data-data apa saja yang bocor. Selain itu, nanti juga akan dipandu langkah-langkah untuk mengatasinya. 

3. Avast

Kamu bisa memeriksanya di avast.com, situs keamanan internet lintas platform untuk Microsoft Windows, macOS, Android dan iOS. Caranya sangat mudah, kamu tinggal akses situs berikut: https://www.avast.com/hackcheck/.

Kemudian, masukkan alamat email di kolom pemeriksaan. Kemudian, Avast akan mengirimkan hasil pemeriksaan ke alamat email yang Anda periksa. 

Di email, Avast akan melaporkan berapa kali password email Anda bocor di pasar gelap. Avast juga menginformasikan email Anda bocor saat terhubung dengan situs apa saja, misalnya Gmail hingga e-commerce. 

4. Google 

Google juga memiliki fitur pemeriksaan password yang disinkronkan dengan Google Chrome dan Android. Anda tinggal mengakses passwords.google.com, yang merupakan pintasan URL ke pengelola password Google.

Sebelumnya, Tokopedia dilaporkan mengalami peretasan, bahkan jumlahnya diperkirakan 91 juta akun dan 7 juta akun merchant, tidak lagi 15 juta seperti diberitakan sebelumnya.

Padahal di tahun 2019, Tokopedia mengungkapkan bahwa ada sekitar 91 juta akun aktif di platformnya. Artinya hampir semua akun di Tokopedia berhasil diambil datanya oleh hacker.

Pelaku menjual data di darkweb berupa user ID, email, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor handphone dan password yang masih ter-hash atau tersandi. Totalnya dijual dengan harga US$5.000 atau sekitar Rp74 juta. 

Bahkan ada 14.999.896 akun Tokopedia yang datanya saat ini bisa dengan mudah di download.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb