Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

 15 Oct 2019  Bima P

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster hari pahlawan - Image from indowarta.com

Hari pahlawan yang diperingati pada setiap tanggal 10 November ini akan mengingatkan kembali kita pada jasa para pahlawan yang sangat berjasa bagi Indonesia. 

Terutama para pejuang yang berkorban hingga berkorban nyawa demi kemerdekaan negeri kita tercinta ini yakni NKRI. Kita dapat selalu merayakan hari pahlawan pada 10 November.

Jika kita flashback ke masa lalu, peringatan 10 November dijadikan sebagai hari Pahlawan karena pada dulu ada satu peristiwa yang sangat hebat. Peristiwa tersebut adalah suatu konfrontasi di Surabaya antara arek Suroboyo melawan serdadu NICA.

Sumarsono selaku mantan dari gerakan PRI atau Pemuda Republik Indonesia pun juga ikut andil dalam momen tersebut. 

Dan tidak lain Sumarsono juga lah yang telah memberikan usulan kepada Presiden Soekarno untuk merealisasikan tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.

Peperangan yang terjadi di Kota Pahlawan itu berlangsung dengan sangat sengit. Hanya dalam kurun waktu tiga hari telah berhasil menguasai kota Surabaya.

Kurang lebih ada 6 ribu jiwa yang telah meninggal dunia akibat dari peperangan ini baik itu para pahlawan maupun para penduduk sipil lainnya.

Namun hal itu justru malah membuat semangat para masyarakat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan menjadi semakin berkobar kobar. 

Dengan perjuangan yang sangat gigih, masyarakat Indonesia telah berhasil merebut kembali kekuasaan dari tangan Inggris. Ini adalah asal mula mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita memang harus merasa bangga dengan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan yang sudah mati-matian membela negara kita tercinta ini. 

Oleh sebab itu kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk menghargai, mengapresiasi dan juga meneruskan semangat para pahlawan kita.

Makna Hari Pahlawan

Ada sebuah ungkapan terkenal yang menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Ini berarti pahlawan adalah kebanggan bagi suatu Bangsa dan bisa dikatakan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan. 

Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu adalah bangsa yang tak memiliki harga diri. Bahkan bisa menjadi sebuah bangsa kelas teri, diremehkan oleh bangsa-bangsa lain.

Karena itu, sudah sepantasnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut pahlawan.Seorang Pahlawan akan menjadi sangat penting karena ia akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. 

Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit, dan menjadi suatu bangsa yang bisa dibanggakan

Mengapa tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan karena pada saat itu para pejuang kemerdekaan bangsa kita bertempur dengan gagah berani bermodalkan bambu runcing untuk melawan tentara Inggris di Surabaya. 

Padahal saat itu kita hanya mempunyai beberapa pucuk senjata api, selebihnya para pejuang menggunakan bambu runcing.

Namun para pejuang kita tak pernah gentar untuk melawan penjajah. Kita masih ingat tokoh yang terkenal pada saat perjuangan itu yakni Bung Tomo yang mampu menyalakan semangat perjuangan rakyat lewat siaran-siarannya radionya.

Setiap tahun kita mengenang akan berbagai macam jasa para pahlawan. Namun terasa, mutu peringatan itu menurun dari tahun ke tahun. Kita sudah makin tidak menghayati makna hari pahlawan. Peringatan yang kita lakukan sekarang cenderung bersifat hanya seremonial saja.

Memang saat ini kita sudah tidak perlu mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya pada saat itu. Namun bukan berarti kita tidak memiliki tugas sebagai penerus Bangsa, tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, para rakyat terdahulu telah mengorbankan nyawanya.

Baca Juga :

1. Pahlawan Masa Kini, Masa Depan, Hingga Akhir Hayat
2. Biografi Maria Walanda Maramis Pahlawan Wanita Indonesia
3. Pahlawan yang Terlupakan, Menjadi Pengemis Hingga Akhir Hidupnya

Yang bisa kita lakukan saat ini adalah terus berusaha untuk berprestasi demi menjadi kebanggaan Bangsa dan Negara. Kita terus berusaha bersaing dan menunjukkan inilah generasi penerus Bangsa Indonesia. Bahwa apa yang telah diperjuangkan para pahlawan kita tidak berakhir sia-sia.

Mari kita jadikan semangat juang para pahlawan yang telah gugur sebagai panutan untuk dapat berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

Poster Hari Pahlawan

Berikut adalah kumpulan poster atau gambar hari pahlawan yang kami sediakan untuk memeriahkan hari pahlawan.

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster 1 - Image from tstatic.net

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster 2 - Image from lanangindonesia.com

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster 3 - Image from tstatic.net

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster 4 - Image from islami.co

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster 5 - Image from akamaized.net

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster 6 - Image from akamaized.net

Kumpulan Poster Hari Pahlawan dan Makna Hari Pahlawan

poster 7 - Image from staticflickr.com

Di atas adalah kumpulan poster hari pahlawan. Semoga dengan artikel ini dapat membuat anda lebih bisa menghargai jasa para pahlawan dan mengambil pelajaran yang berharga dari mereka.