Amalan dan Doa Hari Jumat Berkah

 16 Oct 2019  Bima P

Amalan dan Doa Hari Jumat Berkah

Jum'at berkah - Image from discoverhongkong.com

Mungkin banyak dari anda yang berpikir bahwa hari Jumat adalah hari pendek yang tidak terlalu efektif. Mungkin pernyataan tersebut benar untuk urusan dunia, namun tidak untuk urusan akhirat. Hari jumat adalah hari yang spesial khususnya untuk umat muslim.

Ada banyak alasan kenapa hari jumat adalah hari yang spesial bagi umat muslim. Salah satunya seperti yang disebut dalam hadis :

“Hari terbaik dimana matahari terbit di hari itu adalah hari jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim)

Hari jumat bagi umat muslim sering disebut jumat berkah. Ini karena pada hari jumat terdapat amalan-amalan dan doa yang bisa menambah pahala bagi umat muslim.

Salah satunya adalah shalat jumat berjamaah khususnya umat Islam pria. Bagi anda yang memiliki pola pikir shalat jumat hanya untuk menambah "ketampanan" anda, sebaiknya mari anda rubah pola pikir tersebut. Karena shalat jumat atau hari jumat memiliki arti lebih dari hal tersebut.

Lalu apakah amalan hari jumat yang dapat menambah pahala dan keimanan bagi anda? Adakah doa khusus pada hari jumat?

Kali ini kami akan mencoba memberikan artikel tentang keistimewaan jumat berkah yang diisi dengan amalan-amalan dan doa sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Amalan Hari Jumat

1. Mandi atau Bersih Diri

Amalan dan Doa Hari Jumat Berkah

mandi atau bersih diri - Image from realmenrealstyle.com

Membersihkan diri di sini maksudnya bukan berarti bahwa kita harus senantiasa menjaga kebersihan diri atau jasmani pada hari jum’at saja, tetapi dapat mengerjakan amalan istimewa untuk mendapat keistimewaan pada hari jum’at, yaitu membersihkan diri dengan total, seperti mandi keramas, memotong kuku, dan sebagainya. 

Dasar dari pernyataan di atas adalah dari sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Umumnya, para kaum adam yang akan menjalan ibadah shalat jumat akan mandi keramas dan memakai wangi-wangian, hal tersebut berdasarkan pada hadits, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Amalan dan Doa Hari Jumat Berkah

membaca al-kahfi - Image from akamaized.net

Amalan istimewa yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari jum’at adalah membaca Surat Al-Kahfi. 

Hal ini didasarkan pada hadits, “Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barangsiapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat.” (HR. Al Hakim (1/564). Syaikh Musthofa Al ‘Adawi mengatakan bahwa hadits ini shahih karena banyak terdapat syawahid (dalil penguat)).

3. Banyak Banyak Memanjatkan Doa

Amalan dan Doa Hari Jumat Berkah

perbanyak doa - Image from aboutislam.net

Salah satu waktu mustajab untuk berdo’a atau memohon kepada Allah adalah pada hari jum’at. 

Dimana hal tersebut juga telah diriwayatkan dalam sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Sebaiknya kita manfaatkan waktu mustajab ini untuk benar-benar berdoa untuk pasrah dan memohon kebaikan pada Allah, karena pada waktu-waktu tersebut, besar kemungkinan bahwa Allah akan mengabulkan do’a-do’a kita dan memberikan keberkahan dalam kehidupan kita.

Baca Juga :
1. Tata Cara Khutbah Jumat Lengkap dengan Syarat, Rukun dan Sunnah-Sunnahnya
2. Hukum Sholat Jumat dan Azab Bagi Lelaki yang Meninggalkannya

4. Perbanyak Shalawat Nabi

Amalan dan Doa Hari Jumat Berkah

shalawat kepada nabi - Image from freepik.com

Bershalawat kepada Rasulullah SAW adalah sebuah amalan yang bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun kita berada. 

Namun pada hari jum’at, ada keistimewaan dimana kita dianjurkan untuk memperbanyak bershalawat nabi pada hari itu. 

Hal ini didasarkan pada sebuah hadits, “Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at.

Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan ligoirihi -yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1673).

5. Mengenakan Pakaian Terbaik

Amalan dan Doa Hari Jumat Berkah

pakaian terbaik yang dimiliki - Image from http://lesprivat99.com

Apa pakaian yang anda kenakan saat melakukan ibadah shalat? Apakah pakaian tersebut hanya kaos? Jubah koko? Atau kemeja?

Shalat itu sebaiknya dilakukan dengan pakaian yang bersih, rapi, dan baik. Jika kita berangkat sekolah atau kerja saja, pakaian yang kita kenakan sangat rapi. Seharusnya kita wajib lebih memerhatikan pakaian apa yang kita kenakan, apalagi jika urusan ibadah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

Doa Hari Jumat

Di antara doa dan wirid tersebut adalah membaca surat al-Kahfi, Surat Yasin dan beberapa doa tertentu. 

Namun ada juga suatu doa yang dijanjikan Rasulullah Saw kepada para umatnya, jika doa ini dibaca di hari Jumat, baik siang maupun malam selama tujuh kali, maka Allah akan memasukkan ke dalam surga-Nya.

Doa ini terdapat dalam beberapa kitab hadis, di antaranya, al-Baihaqi dalam kitab Syuabul Iman dan juga as-Suyuthi dalam kitab Nurul Lum’ah Fi Khashaish al-Jumat. 

Bahkan as-Suyuthi mengkategorikan doa ini dalam khashaisul jumat (keutamaan hari jumat) yang ke 71.

Berikut doanya:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ ، وَفِي قَبْضَتِكَ ، وَناصِيَتِي بِيَدِكَ ، أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبُ إِلا أَنْتَ

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu audzu bika min syarri ma shona’tu. Abu’u bi ni’matika wa abu’u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

“Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Rasulullah dalam riwayat tersebut memberikan janji. Siapapun yang membaca doa ini di pagi hari jumat, kemudian ia meninggal, maka ia akan mendapatkan Surga-Nya. Tentu, semua ini bisa terjadi jika Allah Swt menghendaki dan meridhoinya.

Demikianlah artikel kami tentang jumat berkah. Semoga dengan artikel ini dapat membuat anda lebih semangat dalam mencari ridho Allah terutama pada hari jumat.