Sebelum Malaikat Izrail Menjemput, Tubuh Akan Merasakan Tanda Seperti ini

10 Feb 2020  Arief Prasetyo

Sebelum Malaikat Izrail Menjemput, Tubuh Akan Merasakan Tanda Seperti ini

Tanda ajal sedang mengintai - Image from facebook.com

Ingatlah ajal bisa datang kapan saja!!!

Tak ada seorang pun yang tahu kapan hari akhirnya Semua hanya bisa mengandai-andai. Hanya Allah yang tau segalanya. Namun ada beberapa tanda atau ciri-ciri seseorang itu akan meninggal yang Allah tunjukkan sebagai waktu kita untuk merubah diri atau bertaubat agar meninggal dalam jalan Allah

Yang tengah dalam kondisi sekarat karena sakit, bisa saja sembuh dengan tiba-tiba. Begitu juga sebaliknya, seseorang yang tampak sehat atau biasa saja bisa saja mendadak mati.

Tanda-tanda kematian Namun,tanda-tanda kematian pada seseorang bisa dikenali, terutama pada mereka yang tengah menderita sakit atau sudah lanjut usia (lansia).

1. Tidur lebih lama atau sering

Beberapa bulan sebelum akhir kehidupan, orang yang sekarat mungkin akan tidur lebih lama atau sering dari biasanya.

Hal itu bisa jadi terjadi karena semakin dekat dengan kematian, metabolisme tubuh seseorang bakal turun. Sementara tanpa adanya pasokan energi alami yang stabil tersebut, kelelahan dan rasa lesu akan mudah menang.

2. Makan dan minum lebih sedikit

Kebutuhan akan energi berkurang seiring bertambahnya usia. Karena tidak memerlukan banyak energi untuk melakukan tugas sehari-hari, para lansia tampaknya merasa kurang memerlukan makanan dan minuman. 

Orang yang hampir meninggal ini bahkan mungkin tidak akan tertarik lagi pada makanan favorit mereka. Beberapa di antaranya malah bisa jadi sampai benar-benar berhenti makan atau minum.

3. Menyendiri

Bagi orang yang sekarat, bukan sesuatu yang dikehendaki ketika perlahan-lahan menarik diri dari orang lain. Ini melainkan adalah refleksi alami dari perubahan energi, serta keinginan untuk melindungi hari dan jam terakhir mereka.

4. Tanda-tanda vital berubah

Tekanan darah menurun saat seseorang mendekati ajal. Selain itu, mereka mungkin akan mengalami masalah pernapasan dan detak jantung menjadi tidak teratur atau sulit dideteksi. 

Saat tekanan darah turun, ginjal akan berhenti bekerja juga. Seseorang yang dekat dengan ajal mungkin memiliki urin berwarna cokelat atau berwarna karat.

5. Pola buang air kecil maupun besar berubah

Karena makan lebih sedikit makanan, seseorang yang sekarat sangat mungkin buang air besar lebih sedikit dan tidak teratur dari sebelumnya. 

Demikian juga dengan buang air kecil yang berubah sedikit atau jarang saat minim asupan cairan. Setelah berhenti makan dan minum sepenuhnya, mereka mungkin tidak perlu lagi menggunakan toilet.

6. Suhu tubuh turun

Sirkulasi darah mengalir ke dalam, menuju organ vital ketika seseorang tengah berhadapan dengan hari-hari terakhir di dunia. Itu berarti sirkulasi darah di tempat-tempat lain, seperti tangan dan kaki menjadi sangat berkurang. 

Kondisi itulah yang bisa menyebabkan kulit dan anggota badan terasa dingin saat disentuh. Kulit mungkin terlihat pucat juga. Akhirnya, sirkulasi yang berkurang dapat menyebabkan kulit tampak biru-ungu berbintik-bintik.

7. Melemahnya otot

Pada hari-hari terakhir sebelum kematian, otot bisa berubah menjadi sangat lemah. Pada fase ini, seseorang mungkin akan mengalami kesulitan melakukan pekerjaan meski sifatnya sederhana, seperti mengangkat secangkir air minuman atau membalik badan di tempat tidur.

8. Masalah pernapasan

Masalah pernapasan adalah tanda yang mengkhawatirkan bagi banyak orang ketika mereka sedang berada dengan orang lain yang sekarat.

9. Muncul kebingungan

Otak tetap sangat aktif selama fase sekarat. Namun, itu tidak biasa bagi seseorang yang kebingungan atau inkoherensi. Beberapa orang mungkin menjadi gelisah dan agresif jika mereka tidak menyadari sedang berada di mana atau apa yang sedang terjadi.

10. Sakit

Intensitas nyeri kemungkinan akan meningkat ketika seseorang semakin dekat dengan kematian. Tidak jarang seseorang menunjukkan tanda-tanda yang terlihat bahwa mereka kesakitan. Tanda-tanda ini termasuk meringis, mengerang, atau cemberut.

11. Halusinasi

Anda mungkin pernah mendengar tentang orang yang sekarat mengatakan bahwa mereka melihat orang-orang yang sudah lama dicintai di hari-hari terakhir mereka.

Melansir Medical News Today, pada jam-jam terakhir sebelum seseorang meninggal dunia, organ-organ mereka mati dan tubuh mereka berhenti bekerja.

Pada saat itu, yang mereka butuhkan hanyalah orang-orang tersayang berada dekat. Orang lain yang datang harus membuat seseorang yang sedang sekarat ini merasa senyaman mungkin.

Sebaiknya terus berbicara dengan orang yang sekarat sampai mereka meninggal. Mereka sering dapat mendengar apa yang terjadi di sekitar.

Tanda kematian lainnya

Tanda-tanda kematian selain henti jantung, di antaranya yakni: 

  • Tidak ditemukan denyut nadi
  • Tidak bernafas
  • Tidak ada ketegangan otot
  • Mata tetap fokus pada satu pandangan
  • Pelepasan usus atau kandung kemih
  • Kelopak mata tertutup sebagian​
berita
berita viral
hari ini
tanda-tanda mati

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa