Hari yang Baik Untuk Memotong Kuku

Penulis Al Putra | Ditayangkan 27 Apr 2020

Hari yang Baik Untuk Memotong Kuku

kuku - Image from Islami.co

Sudah sepantasnya kita sebagai umat islam senantiasa bersyukur atas segala karunia yang Allah berikan di dalam agamanya.

Islam merupakan agama yang sangat sempurna dan detail dalam mengatur segala urusan setiap muslim yang beriman.

Mulai dari bangun tidur, sampai tidur kembali, baik itu kebutuhan lahir maupun batin.

Tidak hanya masalah ibadah dan muamalah, terkait penampilan kita pun telah diatur oleh agama islam. Sampai kepada hal yang detail seperti memotong kuku.

Dalam hal memotong kuku pun ada aturannya, hal tersebut dimaksudkan agar kita senantiasa menjadi manusia yang tetap pada fitrahnya.

Pernahkah kita mendengar bahwasannya islam telah mengatur hari khusus dalam memotong kuku?

Jika belum, maka mari sama-sama mempelajari apa saja hari yang baik dalam memotong kuku.

Baca Juga:

Hari yang Baik untuk Memotong Kuku Dalam Islam

Imam Qasim Al Ghazi dalam kitab Hasyiyah Al Baijuri menjelaskan kapan saja waktu yang terbaik untuk memotong kuku, dan waktu-waktu yang tidak dianjurkan melakukannya.

Beliau menjelaskan dalam bukunya.

Hari Jumat, Kamis dan Senin yang menjadi hari di sunnahkannya untuk memotong kuku. dan masing masing hari tersebut memiliki keutamaan seperti.

"Memotong kuku hari Sabtu menimbulkan penyakit yang menggerogoti tubuh. Melakukan hal serupa pada hari Ahad menyebabkan hilangnya barokah," ucap Imam Qasim Al Ghazi.

Selain itu, memotong kuku pada hari Senin menjadi orang alim dan mempunyai keutamaan, dan jika dilakukan di hari Selasa menyebabkan kebinasaan.

"Dan pada hari keempat, yaitu Rabu, memotong kuku dapat menyebabkan buruk akhlak. Dan di hari Kamis, melakukannya mendatangkan kekayaan."

Menurut Imam Qasim Al Ghazi, memotong kuku di hari Jumat "Dapat menambah ilmu dan sifat santun. Demikianlah kami riwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam."

Mazhab Imam Syafi'i berpendapat memotong kuku pada hari Jumat merupakan hal yang disunnahkan. Selain hari itu, tidak ada larangan bagi siapa pun untuk memotong kukunya.

Demikian lah hari yang bagus untuk memotong kuku dalam islam, semoga bermanfaat. Jangan lupa share kepada rekan-rekan yang membutuhkan ya!

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb