Doa Agar Allah Menutup Aib Kita

Penulis Al Putra | Ditayangkan 14 Apr 2020

Doa Agar Allah Menutup Aib Kita

Dzikir Yang Paling Disukai Allah - Image from BeeAs Blog

Sejatinya manusia tidak ada yang sempurna, semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Mungkin tidak sedikit kesalahan kita yang apabila diketahui oleh orang banyak merupakan aib yang sangat memalukan.

Tentunya Allah adalah zat yang maha pengampun lagi maha penyayang, yang akan senantiasa mengampuni dosa dan kesalahan hambarnya walau sebanyak buih di lautan.

Meski begitu bukan berarti kita aman dari celaan dan cercaan manusia atas kesalahan yang kita perbuat.

Dalam hal ini Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memberikan nasihat yang sangat bijaksana untuk bisa diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Rasulullah bersabda:

ﻣﻦ ﺳﺘﺮ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﺳﺘﺮﻩ اﻟﻠﻪ ﻳﻮﻡ اﻟﻘﻴﺎﻣﺔ. رواه البخاري

Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat. (HR. Bukhari).

Dalam penjelasan Imam al Munawi dalam Fathul Qadir menjelaskan maksud hadis tersebut adalah jika seseorang ingin ditutupi aib nya maka hendaknya ia menutupi aib saudaranya.

Salah satu pelajaran yang bisa kita dapatkan dari hadis diatas ialah, janganlah menyebarkan aib saudaramu jika kamu tidak ingin aibmu diketahui.

Jika hal tersebut sudah dilakukan maka kita bisa mengamalkan doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

«اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي، وَدُنْيَايَ، وَأَهْلِي، وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي». (صحيح ابن حبان)

Allohumma inni as’alukal ‘afiyah fid dunya wal akhirah, allahumma inni as’alukal ‘afwa wal ‘afiyah fi dini wa dunyaya wa ahli wa mali. Allohummastur ‘aurati wa amin rau‘ati. Allohummahfazhni min baini yadayya wa min khalfi wa ‘an yamini wa ‘an syimali wa min fawqi. Wa a‘udzu bi ‘azhamatika an ughtala min tahti. (HR Ibnu Hibban).

Ya Allah, aku memohon keselamatan dunia dan akhirat pada-Mu. Aku memohon ampunan dan keselamatan agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Tutupilah segala kekuaranganku, tenangkanlah hatiku, jagalah depan, belakang, kanan, kiri, dan atasku. Aku berlindung pada-Mu dari musibah yang tak terduga.

Maka dengan begitu insya Allah kesalahan-kesalahan kita akan ditutupi oleh Allah.

Semoga artikel ini bermanffaat.

Baca Juga:

loading...